KEMENTERIAN
AGAMA
MADRASAH
TSANAWIYAH NEGERI DONOMULYO
PENILAIAN
TENGAH SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN
2016/2017
Mata
Pelajaran : Prakarya Hari/Tanggal : Selasa, 14 Maret
2016
Kelas : VIII Waktu/Jam : 11.15 - 12.45 WIB
_____________________________-_____________________________________________________
A.
Pilihlah jawaban yang paling tepat !
1. Limbah berdasarkan senyawanya yang dapat terurai secara alamiah dan
tidak bisa digolongkan menjadi dua yaitu
a.
Organik dan osagonik
b.
Organik dan anorganik
c.
Anorganik dan dosagonik
d.
Osagonik dan dosaginik
2. Contoh hasil limbah anorganik lunak antara lain
a.
Gelas kaca, gelas plastic, botol plastik, karet ban
dan Styrofoam
b.
Styrofoam, karet ban, plastik kemasan, kaca dan beling
c.
Botol plastik, gelas plastik, plastik kemasan,
styrofoam, dan karet ban
d.
Pecahan kaca, kaleng, botol kaca, keramik dan logam
3. Kaleng dan kaca merupakan limbah …
a.
Organik lunak
b.
Organik keras
c.
Anorganik basah
d.
Anorganik keras
4. Tiga teknik pengolahan limbah anorganik di masyarakat adalah
a.
|
Sanitasi, pembakaran dan penghancuran
|
c.
|
Asosoasi, estetika, Telesis
|
b.
|
Reduce, recycle, reuse
|
d.
|
Fesyen, interior, kerajinan
|
5. Contoh limbah anorganik lunak adalah
a.
|
Kaca, perca dan kemasan plastic
|
c.
|
Kertas, perca dan kemasan plastik
|
b.
|
Kaleng, botol, dan logam
|
d.
|
Perca, kemasan plastic dan botol plastik
|
6. Alat untuk proses pembakaran sampah anorganik adalah
a.
|
Asosiasi
|
c.
|
Insinerator
|
b.
|
Pulverisation
|
d.
|
Telesis
|
7. Salah satu proses penanganan sampah adalah penghancuran atau …..
a.
|
Asosiasi
|
c.
|
Insinerator
|
b.
|
Pulverisation
|
d.
|
Telesis
|
8. 1.Pengalusan bahan
2.Pengeringan
3.Pemilahan
4.Pengeringan setelah pewarnaan
5.Pembersihan
6.Pewarnaan
Urutkan dari awal hingga akhir proses pengolahan
sederhana untuk bahan limbah anorganik lunak
a.
|
3,2,6,5,1,4
|
c.
|
1,2,4,5,6,3
|
b.
|
6,4,1,3,5,2
|
d.
|
3,5,2,6,4,1
|
9. Ada 6 tata kelola desain berkelanjutan yang berasal dari karya buku uang
berjudul ‘Design for the Real World’ tulisan dari ….
a.
|
Papanek Rafael (1456-1500)
|
c.
|
Victor Papanek (1923-1998)
|
b.
|
Victor Kalasiris (1993-2000)
|
d.
|
Agus Teledois (1880-1900)
|
10. Empat fokus kelompok produk bahan kerajinan dari limbah anorganik…
a.
Asosiasi, estetika, interior dan elemen estetis rumah.
b.
Fesyen, kerajinan, interior dan elemen estetis rumah.
c.
Metode, asosiasi, estetika dan kebutuhan
d.
Kebutuhan, telesis, kegunaan dan metode
11. Fungsi desain yang berusaha mewadahi dimensi sosial dan budaya pada
tempat desain tersebut dibutuhkan dan digunakan adalah pengertian dari ….
a.
Telesis
b.
Estetika /keindahan
c.
Kebutuhan/need
d.
Kegunaan/use
Ukuran
Kele : 48
Pale : 38
Lele : 34
12. Berapa panjang garis A – B =
a.
34 c. 32
b.
36 d.
42
13. Berapa panjang garis A - C =
a.
11 c. 21
b.
12 d. 22
14. Berapa
panjang garis D - E =
a.44 c.24
b.38 d.11
15. Berapa
panjang E - F adalah ...
a. 22 c. 17
b. 26 d. 44
Perhatikan gambar pola dasar blus berikut !
Soal no 16 – 30 adalah pola dasar blus
16.Berapa panjang garis F – F3 dari gambar pola
dasar blus diatas
a. 2 c.
10
b. 4 d.
12
17. Garis A – A1 muka = A – A1 belakang, berapa
panjangnya …
a. 2 c.
6
b. 4 d.
7
18. Bila LEKA = 34 dan LEPU = 36 maka garis D1 –
D2 belakang = ...
a. 18 c.
16
b. 17
d. 15
19. Bila LIBA = 80 maka garis C – C1 mk = ...
a. 20 c.
19
b. 21
d. 18
20.Rumus B
– B1 muka adalah
...
a.
¼ Liba + 1 c. ¼ Lipi + 3 + 1
b.
¼ Liba
- 1 d. ¼ Lipi +
3 - 1
21. Garis
yang menggunakan ukuran Panjang Bahu (Paba) adalah...
a.
D1 – D2 c. E – E1
b.
A1 - E d. D – D1
22. Liba =
88, hitunglah panjang garis C – C1 belakang adalah ...
a. 21 c. 22
b. 26 d. 24
23. Kele = 42, berapa panjang garis E2 – Q =
a.
18 c.
20
b. 19 d.
22
24. Lipi =
80, hitunglah panjang garis B – B1 belakang adalah ...
a.
18 c.
20
b.
19 d.
22
LIPI = 57
PABA = 13 LEPU = 28
LIBA = 86 PAPU
= 36 LILE = #
KELE = 40 LEKA
= 26
25. Hitunglah
panjang garis B – B1 muka adalah ...
a. 22,5 c. 16,25
b. 18,25 d. 20,5
26. Hitunglah
panjang garis C – C1 muka adalah ...
a.22,5 c.
16,25
b.18,25 d.
20,5
27. Hitunglah
panjang garis B – B1 belakang adalah ...
a.22,5 c.
16,25
b.18,25 d.
20,5
28. Hitunglah
panjang garis C – C1 belakang adalah ...
a.22,5 c.
16,25
b.18,25 d.
20,5
29. Hitunglah
panjang garis D1– D2
belakang adalah ...
a. 14 c. 16
b.
KERJAKAN SENDIRI !!!!
JANGAN LUPA SELALU BERDOA AGAR ILMU YANG DIDAPAT
BERGUNA DI DUNIA
DAN AKHIRAT “ amien”
|
30. Berapa
panjang garis D – D1 muka dan belakang adalah ...
a.
4 dan 7 c. 3 dan 5
b.
5 dan 8 d. 2 dan 4
B. Jawablah dengan singkat dan jelas !
Perhatikan
gambar pola pada halaman pertama soal !
31. Sebutkan minimal 4 contoh limbah anorganik lunak dan keras ?
32.
Buatlah satu
desain rancangan kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak berupa perca kain dan teknik pembuatannya?
No
selanjutnya menggunakan ukuran di bawah ini.
Bila
LIPI = 54, LIBA = 86,
KELE = 40, PALE = 32, LELE= 32, LIPA = 88, TIDU = 22
33.
Hitunglah panjang garis C – C1 muka dan B –
B1 muka (pola blus) ?
34.
Hitunglah panjang garis C – D dari pola
lengan ?
35.
Jelaskan gambar dibawah ini ?
Kejujuran adalah
mata uang yang berlaku di negara manapun ....!!!!
Mimpimu tentang masa
depan adalah untaian perjuanganmu detik-demi detik saat ini dan mendatang,
semua mimpi membutuhkan pengorbanan, berbuat baiklah terhadap dirimu sendiri,
demi masa depanmu…Hindari rokok, narkoba dan sex bebas!!!
KEMENTERIAN
AGAMA
MADRASAH
TSANAWIYAH NEGERI DONOMULYO
UJIAN TENGAH
SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN
2016/2017
Mata
Pelajaran : Mulok Keterampilan
Menjahit Hari/Tanggal : Senin, 14 Maret 2016
Kelas :
VIII Waktu/Jam : 11.15 - 12.45 WIB_______
KISI – KISI SOAL
NO
|
MATERI
|
SOAL PG
|
SOAL ESAI
|
No Soal Pilihan Ganda
|
No Soal Esai
|
1
|
Kerajinan limbah anorganik lunak dan keras
|
11
|
3
|
1 - 11
|
31,32,35
|
2
|
Pola dasar blus
|
15
|
1
|
16 - 30
|
33
|
3
|
Pola dasar lengan
|
4
|
1
|
12 - 15
|
34
|
III.
Teknik penskoran
a) Pilihan ganda 1 soal skor 2,5
30 x 2,5 = 75
b) Essai total bernilai 25
Dengan rincian sbb:
1.
3→1,3
2.
4→4,2.1
4→4,2,1
3.
4→2,2
4.
7 → sesuai jmh isi jwbn
5.
5 →sesuai jmh isi jwbn
1 salah
2 rumus benar jwbn salah
3 Carane benar
jwbn salah
|
A. PILIHAN GANDA
1
|
B
|
11
|
A
|
21
|
B
|
2
|
C
|
12
|
D
|
22
|
A
|
3
|
D
|
13
|
C
|
23
|
B
|
4
|
A
|
14
|
B
|
24
|
D
|
5
|
D
|
15
|
C
|
25
|
B
|
6
|
C
|
16
|
C
|
26
|
A
|
7
|
B
|
17
|
C
|
27
|
C
|
8
|
D
|
18
|
A
|
28
|
D
|
9
|
C
|
19
|
B
|
29
|
A
|
10
|
B
|
20
|
C
|
30
|
B
|
ESAI
31.Contoh limbah
anorganik lunak:plastik
Kemasan, botol plastik,gelas plastik, kotak
kemasan, kain
perca, Styrofoam, dan ban bekas.
Contoh limbah
anorganik keras:logam, kaca, botol, dan kaleng.
32.Desain dan cara
pembuatan kerajinan dari bahan limbah kain perca.
A. Dompet receh
Pola ukuran persegi
panjang (17 x 12) cm
17 cm
12 cm
|
Hasil dompet jadi akan
berukuran (10 x 6 ) cm, alas 3 cm, dan 1 cm untuk kampuh (tempat sisa jahitan).
10 cm
|
Bahan dan alat :
Kain perca, rit,
gantungan kunci/ tali penggantung/buat tali sengkelit, benang dan jarum
tangan(menggunakan
Cara pembuatan :
1.
Sediakan
kain perca (sambung-sambungan kain dengan pola dan hiasan tertentu sesuai
ketersediaan kain sisa yang ada). Kekreatifan pengrajin dalam pemilihan dan
pemilahan kain dan motif sangat tergantung pada pengrajin sendiri, akhirnya
akan mendapatkan ukuran kain sesuai pola.
2.
Jahit rit
pada sisi bagian dalam dengan kampuh dilipat kedalam agar tiras (sisi potongan
kain tidak terlihat dari luar dompet), tutup rit kemudian jahit bagian sisi
yang lain (bila menggunakan mesin jahit perlu dijelujur/diberi jarum pentul
terlebih dahulu agar rapi, jangan sampai hasil jahitan rit ditutup hasil sisi
jahitan tidak sama ). Balik dompet dan lanjutkan proses penjahitan dari sisi
dalam.
3.
Pasang
tali panggantung pada sisi salah satu ujung dompet jahit dengan kuat
4.
Jahit
kedua sisi kanan dan kiri dompet.
5.
Buat
lipatan alas dompet sebesar 3 cm agar sisi dompet menjadi berbentuk segi tiga.
33. C – C1 muka = ¼
x liba + 1 = ¼ x 86 + 1= 21,5+1=22,5
B – B1 muka = ¼ x lipi + 3 + 1 = ¼ x 54 +
3 + 1 = 13,5 + 4 = 17,5
34. C – D = ¼ x
kele + 2 = ¼ x 40 + 2 = 10 + 2 = 12
35.Pembiasaan kita terhadap
sampah 3R :
A. Reduce = mengurangi sikap untuk
memproduksi sampah
Mengurangi(reduce), adalah semua bentuk
kegiatan atau prilaku yang dapat mengurangi produksi sampah. Contoh sikapnya antara lain :
-
Membawa wadah ketika belanja
-
Membeli kemasan besar da nisi ulang
-
Membawa gelas/cup/ mangkuk ketika membeli makanan
-
Mengumpulkan kresek bekas belanja untuk diberikan kewarung tetangga
B. Reuse = menggunakan kembali barang-barang yang
masih dapat digunakan utk kesekian kalinya dari pada langsung membuangnya
menjadi sampah (tanpa merubah wujud, warna dll barang tersebut). Memanfaatkan ulang(reuse), yaitu menggunakan
kembali barang bekas tanpa pengolahan bahan, untuk tujuan sama atau berbeda
dari tujuan asalnya/awalnya.
Contoh
sikapnya antara lain :
-
Kaleng bekas minuman dapat
digunakan sebagai tempat pensil,kotak bekas sepatu dapat digunakan kembali
sebagai tempat menyimpan surat.
-
Baju/kain yang sudah tidak terpakai dialihfungsikan menjadi serbet, kain
pel dll
C. Recycle = mendaur ulang. barang-barang yang sudah
menjadi sampah kita olah menjadi barang baru yang dapat dimanfaatkan gunanya,
memperlama proses daya pakai suatu barang baru agar tidak segera menjadi barang
limbah. Mengolah kembali (recycle), yaitu kegiatan yang memanfaatkan barang
bekas dengan cara mengolah materinya untuk digunakan lebih lanjut.Kertas daur
ulang dan kompos merupakan contoh hasil kegiatan recycle. Contoh sikapnya antara lain :
-
Bungkus kofemik dibuat menjadi kerajinan tas, dompet dll
-
Kain yang sudah usang diubah bentuk menjadi keset, lap serbet lap pel
dll
-
Batok dibuat kerajinan menjadi alat rumah tangga, tas, dompet, gayung,
cap lampu dll
0 comments:
Post a Comment