NAMA MADRASAH : MTs N 3 KULON PROGO
KELAS : VII
TAHUN PELAJARAN : 2016/2017
Sem gasal =
3.1 dan 4.1 + 3.2 dan 4.2
Sem genap = 3.3
dan 4.3 + 3.4 dan 4.4
Aspek:
Kerajinan
Alokasi waktu: 2 jam pembelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Semester Gasal
|
|
|
Kerajinan
|
|
|
3.1 Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik
pengolahan serat dan tekstil
4.1 Memilih jenis bahan dan teknik
pengolahan serat/tekstil yang sesuai dengan potensi daerah setempat (misal:
rumput/ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik dan
lain-lain)
|
·
Jenis serat dan tekstil
·
Sifat serat dan tekstil
·
Karakter serat dan
tekstil
·
Teknik pengolahan serat
dan tekstil
|
·
Menonton video/ mengamati gambar/ mengamati serat dan tekstil,
dan atau membaca
wacana tentang jenis, sifat, karakter
serat dan tekstil
·
Membuat pertanyaan tentang jenis, sifat, karakter
serta teknik pengolahan serat dan tekstil yang tidak di pahami dari yang telah dibaca,diamati dari gambar atau
dilihat dari tayangan video.
·
Memilih dan menentukan jenis bahan dan teknik
pengolahan
·
Mengomunikasikan hasil pemilihan bahan dan teknik
pengolahan
|
3.2 Memahami pengetahuan tentang
prinsip perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan
serat dan tekstil yang kreatif dan inovatif
4.2 Merancang,
membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan serat/tekstil yang
kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat (misal:
rumput/ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik dan
lain-lain)
|
• Jenis alat dan kegunaannya
• Teknik dan langkah- langkah pembuatan
• Teknik penyajian
• Pembuatan rancangan produk kerajinan
|
• Mengamati melalui berbagai sumber tentang jenis
alat, teknik dan langkah pembuatan
• Membuat pertanyaan tentang cara merancang dan
pembuatan produk kerajinan
• Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta
teknik pembuatan
• Membuat produk dari bahan serat dan tekstil, serta
menyajikan dan mengemas
• Mengevaluasi dan melaporkan proses dan hasil
pembuatan produk kerajinan
|
Semester Gasal
|
|
|
Penngolahan
|
|
|
|
|
·
|
|
|
•
|
Semester Genap
|
|
|
Kerajinan
|
|
|
3.3 Memahami pengetahuan tentang jenis,
sifat, karakter, dan teknik pengolahan kertas dan plastik lembaran
4.3 Memilih
jenis bahan dan teknik pengolahan kertas/plastik lembaran yang sesuai dengan
potensi daerah setempat
|
·
Jenis kertas dan
plastik
·
Sifat kertas dan
plastik
·
Karakter kertas dan
plastik
·
Teknik pengolahan
kertas dan plastik
|
·
Menonton video/ mengamati gambar/mengamati serat dan tekstil
dan atau
membaca wacana tentang jenis, sifat,
karakter kertas dan plastik
·
Membuat pertanyaan tentang jenis, sifat, karakter
serta teknik pengolahan kertas dan plastik yang tidak di pahami.
·
Memilih dan menentukan jenis bahan dan teknik
pengolahan
·
Mengomunikasikan hasil pemilihan bahan dan teknik
pengolahan
|
3.4 Memahami pengetahuan tentang prinsip
perancangan, pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari bahan kertas dan
plastik lembaran yang kreatif dan inovatif
4.4 Merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan
kertas/plastik lembaran yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi
daerah setempat
|
·
Jenis alat dan
kegunaannya
·
Teknik dan langkah-
langkah pembuatan
·
Teknik penyajian
·
Pembuatan rancangan
produk kerajinan
|
•
Mengamati melalui
berbagai sumber tentang jenis alat, teknik dan langkah pembuatan
•
Membuat pertanyaan
tentang cara merancang dan pembuatan produk kerajinan dari bahan kertas dan
plastik
•
Membuat rancangan
kebutuhan alat dan bahan serta teknik pembuatan
•
Membuat produk dari
bahan kertas dan plastik, serta menyajikan dan mengemas
•
Mengevaluasi dan
melaporkan proses dan hasil pembuatan produk kerajinan
|
Aspek: Pengolahan
Alokasi waktu: 2 jam pembelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan
pengemasan bahan pangan buah menjadi makanan dan minuman segar yang ada di wilayah setempat
4.1 Mengolah bahan
pangan buah segar menjadi makanan dan minuman
sesuai pengetahuan rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
|
·
Jenis bahan dasar , bahan bantu , dan bahan kemasan makanan
·
Jenis alat dan kegunaannya
·
Teknik dan langkah-langkah pengolahan
· Teknik
pengemasan dan penyajian
|
·
Mengamati jenis bahan
dan alat pengolahan di wilayah setempat dari berbagai sumber
·
Membuat pertanyaan
tentang cara mengolah dan mengemas hasil olah buah segar.
·
Membuat rancangan
kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan
·
Mengolah buah segar
menjadi makanan dan minuma, mengemas
dan menyajikan
·
Mengevaluasi dan
melaporkan proses dan hasil
pengolahan.
|
3.2 Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan
pengemasan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar
menjadi produk pangan yang ada di wilayah setempat
4.2 Mengolah,
menyaji, dan mengemas bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman
buah segar menjadi produk pangan yang
ada wilayah setempat
|
·
Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan
makanan
·
Jenis alat dan kegunaannya
·
Teknik dan langkah-langkah pengolahan
· Teknik
pengemasan dan penyajian
|
·
Mengamati jenis bahan
dan alat pengolahan di wilayah setempat dari berbagai sumber
·
Membuat pertanyaan
tentang cara mengolah dan mengemas hasil samping pengolahan buah segar
·
Membuat rancangan
kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan
·
Mengolah hasil samping
pengolahan buah segar menjadi produk pangan, mengemas , dan menyajikan
·
Mengevaluasi dan
melaporkan proses dan hasil
pengolahan.
|
3.3 Memahami rancangan pengolahan , penyajian dan
pengemasan bahan pangan sayuran menjadi makanan dan atau minuman kesehatan yang ada di wilayah
setempat
4.3 Mengolah,
menyaji, dan mengemas
|
·
Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan
makanan
·
Jenis alat dan kegunaannya
·
Teknik dan langkah-langkah pengolahan
· Teknik
pengemasan dan penyajian
|
·
Mengamati jenis bahan
dan alat pengolahan di wilayah setempat dari berbagai sumber
·
Membuat pertanyaan
tentang cara mengolah dan mengemas hasil olah
sayuran
·
Membuat rancangan
kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan
·
Mengolah sayuran
menjadi makanan dan minuman kesehatan ,
mengemas dan menyajikan
·
Mengevaluasi dan
melaporkan proses dan hasil
pengolahan.
|
3.4 Memahami
rancangan pengolahan, penyajian, dan pengemasan bahan hasil samping dari
pengolahan makanan dan minuman sayuran menjadi produk pangan yang ada di
wilayah setempatwilayah setempat menjadi produk pangan
4.4 Pengolahan, penyajian, dan
pengemasan bahan hasil samping dari pengolahan
makanan dan minuman sayuran
menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat
|
·
Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan
makanan
·
Jenis alat dan kegunaannya
·
Teknik dan langkah-langkah pengolahan
· Teknik
pengemasan dan penyajian
|
·
Mengamati jenis bahan
dan alat pengolahan di wilayah setempat dari berbagai sumber
·
Membuat pertanyaan
tentang cara mengolah dan mengemas hasil samping pengolahan sayuran
·
Membuat rancangan
kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan
·
Mengolah hasil samping
menjadi produk pangan, mengemas , dan
menyajikan
·
Mengevaluasi dan
melaporkan proses dan hasil
pengolahan.
|
Donomulyo 18
Juli 2016
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Dra. Siti Muslimah, M.Pd Rini Dwi Hastuti, S.Pd.T
NIP. 19671118 199303 2002 NIP. 19810922 200901 2007
NAMA MADRASAH : MTs N 3 KULON PROGO
KELAS : VIII
TAHUN PELAJARAN : 2016/2017
Aspek: Kerajinan
Alokasi waktu: 2 Jam Pembelajaran/minggu
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat,
karakter dan teknik pengolahan bahan lunak (tanah liat, getah, lilin, clay
polimer, clay tepung, plastisin, parafin, gips dan lain-lain)
4.1 Memilih jenis bahan dan
teknik pengolahan bahan lunak yang sesuai dengan potensi daerah setempat
(misal: tanah liat, getah, lilin, clay polimer, clay tepung, plastisin,
parafin, gips dan lain-lain)
|
·
Jenis bahan
lunak
·
Sifat bahan
lunak
·
Karakter bahan
lunak
·
Teknik pengolahan bahan
lunak
|
·
Menonton video/ mengamati gambar dan membaca
wacana tentang jenis, sifat, karakter bahan
lunak
·
Membuat pertanyaan tentang jenis, sifat, karakter
serta teknik pengolahan bahan lunak yang tidak di
pahami.
·
Memilih dan menentukan jenis bahan dan teknik
pengolahan
·
Mengomunikasikan hasil pemilihan bahan dan teknik
pengolahan
|
3.2 Memahami pengetahuan tentang prinsip
perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan lunak yang
kreatif dan inovatif
4.2 Perancangan, pembuatan
dan penyajian produk kerajinan dari bahan lunak yang kreatif dan inovatif,
sesuai dengan potensi daerah setempat setempat (misal: tanah liat, getah,
lilin, clay polimer, clay tepung, plastisin, parafin, gips dan lain-lain)
|
|
•
Mengamati melalui
berbagai sumber tentang jenis alat, teknik dan langkah pembuatan
•
Membuat pertanyaan
tentang cara merancang dan pembuatan produk kerajinan dari bahan lunak
•
Membuat rancangan
kebutuhan alat dan bahan serta teknik pembuatan
•
Membuat produk dari
bahan lunak, serta menyajikan dan mengemas
·
Mengevaluasi dan
melaporkan proses dan hasil pembuatan produk kerajinan
|
1.3
Memahami
pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter dan teknik pengolahan kerang,
kaca, keramik dan botol plastik
4.3 Memilih
jenis bahan dan teknik pengolahan kerang, kaca, keramik dan botol plastik
yang sesuai dengan potensi daerah setempat
|
·
Jenis kerang,
kaca keramik dan botol plastik
·
Sifat kerang,
kaca keramik dan botol plastik
·
Karakter kerang,
kaca keramik dan botol plastik
·
Teknik pengolahan kerang,
kaca keramik dan botol plastik
|
·
Menonton video/ mengamati gambar dan membaca
wacana tentang jenis, sifat, karakter kerang,
kaca keramik dan botol plastik
·
Membuat pertanyaan tentang jenis, sifat, karakter
serta teknik pengolahan kerang, kaca keramik dan botol plastik
yang tidak di pahami.
·
Memilih dan menentukan jenis bahan dan teknik
pengolahan
·
Mengomunikasikan hasil pemilihan bahan dan teknik
pengolahan
|
3.4 Memahami pengetahuan tentang
prinsip perancangan, pembuatan dan penyajian
4.4 Perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari kerang, kaca, keramik dan botol
plastik, yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat
|
·
Jenis alat dan
kegunaannya
·
Teknik dan langkah-
langkah pembuatan
·
Teknik penyajian
·
Pembuatan rancangan
produk kerajinan
|
•
Mengamati melalui
berbagai sumber tentang jenis alat, teknik dan langkah pembuatan
•
Membuat pertanyaan
tentang cara merancang dan pembuatan produk kerajinan dari kerang,
kaca keramik dan botol plastik
•
Membuat rancangan
kebutuhan alat dan bahan serta teknik pembuatan
•
Membuat produk dari
bahan kerang, kaca keramik dan botol plastik, serta menyajikan dan mengemas
·
Mengevaluasi dan
melaporkan proses dan hasil pembuatan produk kerajinan
|
Aspek : Pengolahan
Alokasi waktu
: 2 jam pembelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Menganalisis rancangan
pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan pangan serealia, kacang-kacangan
dan umbi menjadi makanan dan minuman yang ada wilayah setempat
4.1 Mengolah bahan pangan
serealia, kacang-kacangan dan umbi yang ada di wilayah setempat menjadi
makanan dan minuman sesuai rancangan
|
·
Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan
makanan
· Jenis
alat dan kegunaannya
· Teknik
dan langkah-langkah pengolahan
· Teknik
pengemasan dan penyajian
|
·
Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di
wilayah setempat dari berbagai sumber
·
Membuat pertanyaan tentang cara mengolah dan
mengemas hasil olah serealia, kacang-kacangan dan umbi.
·
Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta
teknik pengolahan
·
Mengolah serealia, kacang-kacangan dan umbi
menjadi makanan dan minuman, mengemas, dan menyajikan
·
Mengevaluasi dan melaporkan proses dan hasil pengolahan.
|
3.2 Menganalisis
rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan serealia,
kacang-kacangan, dan umbi yang ada di wilayah setempat menjadi produk pangan
setengah jadi yang
ada di wilayah setempat
4.2 Mengolah bahan pangan setengah jadi dari
bahan pangan serealia, kacang-kacangan dan umbi yang ada di wilayah setempat
|
· Jenis
bahan dasar, bahan bantu, dan bahan kemasan
· Jenis
alat dan kegunaannya
· Teknik
dan langkah-langkah pengolahan
· Teknik
pengemasan dan penyajian
|
·
Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di
wilayah setempat dari berbagai sumber
·
Membuat pertanyaan tentang cara mengolah dan
mengemas serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi produk pangan setengah
jadi
·
Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta
teknik pengolahan
·
Mengolah serealia, kacang-kacangan dan umbi
menjadi produk pangan setengah jadi, mengemas
dan menyajikan
·
Mengevaluasi dan melaporkan proses dan hasil pengolahan.
|
3.3 Menganalisis
rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan setengah jadi
dari bahan serealia, kacang-kacangan, dan umbi yang ada di wilayah setempat
menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi) yang ada di wilayah setempat
4.3 Mengolah
bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi setengah jadi yang ada di
wilayah setempat menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi)
|
· Jenis
bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan
· Jenis
alat dan kegunaannya
· Teknik
dan langkah-langkah pengolahan
· Teknik
pengemasan dan penyajian
· Pembuatan
rancangan pengolahan
|
·
Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di
wilayah setempat dari berbagai sumber
·
Membuat pertanyaan tentang cara mengolah dan
mengemas bahan setengah jadi serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi
produk pangan jadi (siap konsumsi)
·
Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta
teknik pengolahan
·
Mengolah serealia, kacang-kacangan dan umbi
menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi), mengemas dan menyajikan
·
Mengevaluasi dan melaporkan proses dan hasil pengolahan.
|
3.4 Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan
pengemasan bahan hasil samping pengolahan serealia, kacang-kacangan dan atau
umbi menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat
4.4 Pembuatan, penyajian
dan pengemasan
bahan hasil samping pengolahan serealia, kacang-kacangan dan atau umbi
menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat rancangan dan bahan yang ada
di wilayah setempat
|
·
Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan
makanan
·
Jenis alat dan kegunaannya
·
Teknik dan langkah-langkah pengolahan
· Teknik
pengemasan dan penyajian
|
·
Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di
wilayah setempat dari berbagai sumber
·
Membuat pertanyaan tentang cara mengolah dan
mengemas hasil samping pengolahan serealia, kacang-kacangan dan atau umbi
·
Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta
teknik pengolahan
·
Mengolah hasil samping pengolahan serealia,
kacang-kacangan dan umbi menjadi produk pangan , mengemas dan menyajikan
·
Mengevaluasi dan melaporkan proses dan hasil pengolahan.
|
Donomulyo 18
Juli 2016
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Dra. Siti Muslimah, M.Pd Rini Dwi Hastuti, S.Pd.T
NIP. 19671118 199303 2002 NIP. 19810922 200901 2007
NAMA MADRASAH : MTs N 3 KULON PROGO
KELAS : IX
TAHUN PELAJARAN : 2016/2017
Aspek: Kerajinan
Alokasi waktu: 2 jam pembelajaran/minggu
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Memahami pengetahuan tentang jenis,
sifat, karakter, dan teknik pengolahan bahan kayu, bambu, dan rotan
4.1 Memilih jenis bahan dan teknik
pengolahan bahan kayu (misalnya ranting, papan, dan balok), bambu, atau rotan
yang sesuai dengan potensi daerah setempat
|
·
Jenis kayu,
bambu dan rotan.
·
Sifat kayu,
bambu dan rotan.
·
Karakter kayu,
bambu dan rotan.
·
Teknik pengolahan kayu,
bambu dan rotan.
|
·
Menonton video/ mengamati gambar dan membaca
wacana tentang jenis, sifat, karakter kayu,
bambu dan rotan.
·
Membuat pertanyaan tentang jenis, sifat, karakter
serta teknik pengolahan kayu, bambu dan rotan
yang tidak di pahami.
·
Memilih dan menentukan jenis bahan dan teknik
pengolahan
·
Mengomunikasikan hasil pemilihan bahan dan teknik
pengolahan
|
3.2 Menganalisis prinsip perancangan, pembuatan, dan
penyajian produk kerajinan dari bahan kayu, bambu, dan rotan yang kreatif dan
inovatif
4.2 Merancang, membuat, dan menyajikan
produk kerajinan dari bahan kayu, bambu, dan rotan yang kreatif dan inovatif
sesuai dengan potensi daerah setempat
|
|
•
Mengamati melalui
berbagai sumber tentang jenis alat, teknik dan langkah pembuatan
•
Membuat pertanyaan
tentang cara merancang dan pembuatan produk kerajinan dari kayu,
bambu dan rotan
•
Membuat rancangan kebutuhan
alat dan bahan serta teknik pembuatan
•
Membuat produk dari
bahan kayu, bambu dan rotan, serta menyajikan dan
mengemas
·
Mengevaluasi dan
melaporkan proses dan hasil pembuatan produk kerajinan
|
3.3 Memahami pengetahuan tentang jenis,
sifat, karakter, dan teknik pengolahan bahan logam, batu, dan plastik
4.3 Memilih jenis bahan dan teknik
pengolahan bahan logam, batu, atau plastik yang sesuai dengan potensi daerah
setempat
|
·
Jenis logam,
batu dan plastik
·
Sifat logam,
batu dan plastik
·
Karakter logam,
batu dan plastik
·
Teknik pengolahan logam,batu
dan plastik
|
·
Menonton video/ mengamati gambar dan membaca
wacana tentang jenis, sifat, karakter logam,
batu dan plastik
·
Membuat pertanyaan tentang jenis, sifat, karakter
serta teknik pengolahan logam, batu dan plastic yang tidak di pahami
·
Memilih dan menentukan jenis bahan dan teknik
pengolahan
·
Mengomunikasikan hasil pemilihan bahan dan teknik
pengolahan
|
3.4 Menganalisis prinsip perancangan, pembuatan, dan
penyajian produk kerajinan dari bahan logam, batu, dan plastik yang kreatif
dan inovatif
4.4 Merancang, membuat, dan menyajikan
produk kerajinan dari bahan logam, batu, dan plastik yang kreatif dan
inovatif sesuai dengan potensi daerah setempat
|
|
•
Mengamati melalui
berbagai sumber tentang jenis alat, teknik dan langkah pembuatan
•
Membuat pertanyaan
tentang cara merancang dan pembuatan produk kerajinan dari logam,
batu dan plastik
•
Membuat rancangan
kebutuhan alat dan bahan serta teknik pembuatan
•
Membuat produk dari
bahan logam, batu dan plastik, serta menyajikan dan
mengemas
·
Mengevaluasi dan
melaporkan proses dan hasil pembuatan produk kerajinan
|
Aspek :
Pengolahan
Alokasi waktu: 2 jam pembelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Memahami
pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan, penyajian, dan pengemasan
hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi,
rumput laut) menjadi makanan yang ada di wilayah setempat
4.1 Mengolah
bahan pangan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan,
udang, cumi, rumput laut) yang ada di wilayah setempat menjadi makanan serta
menyajikan dan/atau melakukan pengemasan
|
·
Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan
makanan
·
Jenis alat dan kegunaannya
·
Teknik dan langkah-langkah pengolahan
· Teknik
pengemasan dan penyajian
|
·
Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di
wilayah setempat dari berbagai sumber
·
Membuat pertanyaan tentang cara mengolah dan
mengemas hasil olah bahan pangan peternakan dan perikanan
·
Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta
teknik pengolahan
·
Mengolah bahan pangan peternakan dan perikanan
menjadi makanan dan minuman, mengemas, dan menyajikan
·
Mengevaluasi dan melaporkan proses dan hasil pengolahan.
|
3.2 Menganalisis
prinsip perancangan, pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan hasil
peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput
laut) menjadi produk pangan setengah jadi yang ada di wilayah setempat
4.2 Membuat bahan
pangan setengah jadi dari bahan pangan hasil peternakan (daging, telur, susu)
dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) yang ada di wilayah setempat
serta menyajikan dan/atau melakukan pengemasan
|
·
Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan
makanan
· Jenis
alat dan kegunaannya
· Teknik
dan langkah-langkah pengolahan
· Teknik
pengemasan dan penyajian
· Pembuatan
rancangan pengolahan
|
·
Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di
wilayah setempat dari berbagai sumber
·
Membuat pertanyaan tentang cara mengolah, dan
mengemas hasil olah bahan pangan dari peternakan dan perikanan menjadi produk
pangan setengah jadi
·
Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta
teknik pengolahan
·
Mengolah bahan pangan peternakan dan perikanan
menjadi produk pangan setengah jadi, serta menyajikan dan mengemas
·
Mengevaluasi dan melaporkan proses dan hasil pengolahan.
|
3.3 Menganalisis
prinsip perancangan, pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan
setengah jadi dari bahan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan
(ikan, udang, cumi, rumput laut) menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi)
yang ada di wilayah setempat
4.3 Membuat bahan pangan hasil peternakan (daging,telur, susu) dan
perikanan (ikan, udang,cumi, rumput laut) setengah jadi menjadi produk pangan
jadi (siap konsumsi) serta menyajikan dan/atau melakukan pengemasan
|
· Jenis
bahan dasar dan bahan bantu
· Jenis
alat dan kegunaannya
· Teknik
dan langkah-langkah pengolahan
· Teknik
pengemasan dan penyajian
· Pembuatan
rancangan pengolahan
|
·
Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di
wilayah setempat dari berbagai sumber
·
Membuat pertanyaan tentang cara merancang dan
mengolah bahan pangan peternakan dan perikanan menjadi produk pangan jadi
(siap konsumsi)
·
Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta
teknik pengolahan
·
Mengolah bahan pangan peternakan dan perikanan
menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi, serta menyajikan dan mengemas
·
Mengevaluasi dan melaporkan proses dan hasil pengolahan.
|
3.4 Menganalisis
prinsip prinsip perancangan, pembuatan, penyajian, dan pengemasan hasil
samping pengolahan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan
(ikan, udang, cumi, rumput laut) menjadi produk pangan yang ada di wilayah
setempat
4.4 Mengolah,
menyajikan, dan mengemas hasil samping pengolahan hasil peternakan (daging,
telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) yang ada di
wilayah setempat menjadi produk pangan serta menyajikan dan/atau melakukan
pengemasan
|
·
Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan
makanan
·
Jenis alat dan kegunaannya
·
Teknik dan langkah-langkah pengolahan
· Teknik
pengemasan dan penyajian
|
·
Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di
wilayah setempat dari berbagai sumber
·
Membuat pertanyaan tentang cara mengolah dan mengemas hasil samping
pengolahan hasil peternakan dan perikanan
·
Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta
teknik pengolahan
·
Mengolah hasil samping pengolahan hasil peternakan
dan perikanan menjadi produk pangan ,
mengemas dan menyajikan
·
Mengevaluasi dan melaporkan proses dan hasil pengolahan.
|
Donomulyo 18
Juli 2016
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Dra. Siti Muslimah, M.Pd Rini Dwi Hastuti, S.Pd.T
NIP. 19671118 199303 2002 NIP. 19810922 200901 2007
0 comments:
Post a Comment