Pages

Subscribe:

Wednesday, April 26, 2017

KD, MATERI DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PRAKARYA SMP/MTS (Rini Dwi Hastuti, S.Pd.T) kelas VII, VIII dan IX



 

 

NAMA MADRASAH        :  MTs N 3 KULON PROGO

KELAS                           :  VII

TAHUN PELAJARAN      :  2016/2017


Sem gasal            = 3.1 dan 4.1 + 3.2 dan 4.2
Sem genap         = 3.3 dan 4.3 + 3.4 dan 4.4


Aspek: Kerajinan
Alokasi waktu: 2 jam pembelajaran/minggu

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Semester Gasal


Kerajinan


3.1  Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan serat dan tekstil

4.1 Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan serat/tekstil yang sesuai dengan potensi daerah setempat (misal: rumput/ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik dan lain-lain)
·         Jenis serat dan tekstil
·         Sifat serat dan tekstil
·         Karakter serat dan tekstil
·         Teknik pengolahan serat dan tekstil
·      Menonton video/ mengamati gambar/ mengamati serat dan tekstil, dan atau membaca wacana  tentang jenis, sifat, karakter serat dan tekstil
·      Membuat pertanyaan tentang jenis, sifat, karakter serta teknik pengolahan serat dan tekstil yang tidak di pahami dari yang telah dibaca,diamati dari gambar atau dilihat dari tayangan video.
·      Memilih dan menentukan jenis bahan dan teknik pengolahan
·      Mengomunikasikan hasil pemilihan bahan dan teknik pengolahan
3.2  Memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil yang kreatif dan inovatif

4.2 Merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan serat/tekstil yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat (misal: rumput/ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik dan lain-lain)
     Jenis alat dan kegunaannya
     Teknik dan langkah- langkah pembuatan
     Teknik penyajian
     Pembuatan rancangan produk kerajinan
                      
  Mengamati melalui berbagai sumber tentang jenis alat, teknik dan langkah pembuatan
  Membuat pertanyaan tentang cara merancang dan pembuatan produk kerajinan
  Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pembuatan
  Membuat produk dari bahan serat dan tekstil, serta menyajikan dan mengemas
  Mengevaluasi dan melaporkan proses dan hasil pembuatan produk kerajinan
Semester Gasal


Penngolahan




·       


     
Semester Genap


Kerajinan


3.3 Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan kertas dan plastik lembaran

4.3  Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan kertas/plastik lembaran yang sesuai dengan potensi daerah setempat
·         Jenis kertas dan plastik
·         Sifat kertas dan plastik
·         Karakter kertas dan plastik
·         Teknik pengolahan kertas dan plastik

·      Menonton video/ mengamati gambar/mengamati serat dan tekstil dan atau membaca wacana  tentang jenis, sifat, karakter kertas dan plastik
·      Membuat pertanyaan tentang jenis, sifat, karakter serta teknik pengolahan kertas dan plastik yang tidak di pahami.
·      Memilih dan menentukan jenis bahan dan teknik pengolahan
·      Mengomunikasikan hasil pemilihan bahan dan teknik pengolahan
3.4  Memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari bahan kertas dan plastik lembaran yang kreatif dan inovatif

4.4  Merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan kertas/plastik lembaran yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat
·          Jenis alat dan kegunaannya
·          Teknik dan langkah- langkah pembuatan
·          Teknik penyajian
·          Pembuatan rancangan produk kerajinan

    Mengamati melalui berbagai sumber tentang jenis alat, teknik dan langkah pembuatan
    Membuat pertanyaan tentang cara merancang dan pembuatan produk kerajinan dari bahan kertas dan plastik
    Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pembuatan
    Membuat produk dari bahan kertas dan plastik, serta menyajikan dan mengemas
    Mengevaluasi dan melaporkan proses dan hasil pembuatan produk kerajinan


Aspek: Pengolahan
Alokasi waktu: 2 jam pembelajaran/minggu

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1  Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan pangan buah menjadi makanan dan  minuman segar yang ada di wilayah setempat
4.1  Mengolah bahan pangan buah segar menjadi makanan dan minuman  sesuai pengetahuan rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
·      Jenis bahan dasar ,  bahan bantu , dan bahan kemasan makanan
·      Jenis alat dan kegunaannya
·      Teknik dan langkah-langkah pengolahan
·      Teknik pengemasan dan penyajian

·         Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di wilayah setempat dari berbagai sumber
·         Membuat pertanyaan tentang cara mengolah dan mengemas hasil olah buah segar.
·         Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan 
·         Mengolah buah segar menjadi makanan dan minuma,  mengemas dan menyajikan 
·         Mengevaluasi dan melaporkan  proses dan hasil pengolahan.
3.2  Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar menjadi produk pangan yang ada di wilayah setempat

4.2  Mengolah, menyaji, dan mengemas bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar  menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat
·      Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan 
·      Jenis alat dan kegunaannya
·      Teknik dan langkah-langkah pengolahan
·      Teknik pengemasan dan penyajian

·         Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di wilayah setempat dari berbagai sumber
·         Membuat pertanyaan tentang cara mengolah dan mengemas hasil samping pengolahan buah segar
·         Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan 
·         Mengolah hasil samping pengolahan buah segar menjadi produk pangan, mengemas , dan menyajikan
·         Mengevaluasi dan melaporkan  proses dan hasil pengolahan.
3.3  Memahami  rancangan pengolahan , penyajian dan pengemasan bahan pangan sayuran menjadi makanan dan atau  minuman kesehatan yang ada di wilayah setempat
4.3  Mengolah, menyaji, dan mengemas bahan pangan sayuran menjadi makanan dan minuman kesehatan yang ada di wilayah setempat
·      Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan 
·      Jenis alat dan kegunaannya
·      Teknik dan langkah-langkah pengolahan
·      Teknik pengemasan dan penyajian

·         Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di wilayah setempat dari berbagai sumber
·         Membuat pertanyaan tentang cara mengolah dan mengemas hasil olah  sayuran
·         Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan 
·         Mengolah sayuran menjadi makanan dan minuman kesehatan ,  mengemas  dan menyajikan
·         Mengevaluasi dan melaporkan  proses dan hasil pengolahan.
3.4  Memahami rancangan pengolahan, penyajian, dan pengemasan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman sayuran menjadi produk pangan yang ada di wilayah setempatwilayah setempat menjadi produk pangan
4.4  Pengolahan, penyajian, dan pengemasan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman sayuran menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat
·      Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan 
·      Jenis alat dan kegunaannya
·      Teknik dan langkah-langkah pengolahan
·      Teknik pengemasan dan penyajian

·         Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di wilayah setempat dari berbagai sumber
·         Membuat pertanyaan tentang cara mengolah dan mengemas hasil samping pengolahan sayuran
·         Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan 
·         Mengolah hasil samping menjadi produk pangan,  mengemas , dan menyajikan
·         Mengevaluasi dan melaporkan  proses dan hasil pengolahan.


Donomulyo  18 Juli 2016
Mengetahui
Kepala Madrasah                                        Guru Mata Pelajaran



Dra. Siti Muslimah, M.Pd                           Rini Dwi Hastuti, S.Pd.T
NIP. 19671118 199303 2002                      NIP. 19810922 200901 2007


NAMA MADRASAH        :  MTs N 3 KULON PROGO

KELAS                           :  VIII

TAHUN PELAJARAN      :  2016/2017


Aspek: Kerajinan
Alokasi waktu: 2 Jam Pembelajaran/minggu

      Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1  Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter dan teknik pengolahan bahan lunak (tanah liat, getah, lilin, clay polimer, clay tepung, plastisin, parafin, gips dan lain-lain)

4.1  Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan bahan lunak yang sesuai dengan potensi daerah setempat (misal: tanah liat, getah, lilin, clay polimer, clay tepung, plastisin, parafin, gips dan lain-lain)
·         Jenis bahan lunak
·         Sifat bahan lunak
·         Karakter bahan lunak
·         Teknik pengolahan bahan lunak
·      Menonton video/ mengamati gambar dan membaca wacana  tentang jenis, sifat, karakter bahan lunak
·      Membuat pertanyaan tentang jenis, sifat, karakter serta teknik pengolahan bahan lunak yang tidak di pahami.
·      Memilih dan menentukan jenis bahan dan teknik pengolahan
·      Mengomunikasikan hasil pemilihan bahan dan teknik pengolahan

3.2  Memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan lunak yang kreatif dan inovatif

4.2  Perancangan, pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari bahan lunak yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat setempat (misal: tanah liat, getah, lilin, clay polimer, clay tepung, plastisin, parafin, gips dan lain-lain)
  • Jenis alat dan kegunaannya
  • Teknik dan langkah- langkah pembuatan
  • Teknik penyajian
  • Pembuatan rancangan produk kerajinan

    Mengamati melalui berbagai sumber tentang jenis alat, teknik dan langkah pembuatan
    Membuat pertanyaan tentang cara merancang dan pembuatan produk kerajinan dari bahan lunak
    Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pembuatan
    Membuat produk dari bahan lunak, serta menyajikan dan mengemas
·      Mengevaluasi dan melaporkan proses dan hasil pembuatan produk kerajinan
1.3   Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter dan teknik pengolahan kerang, kaca, keramik dan botol plastik

4.3  Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan kerang, kaca, keramik dan botol plastik yang sesuai dengan potensi daerah setempat
·         Jenis kerang, kaca keramik dan botol plastik
·         Sifat kerang, kaca keramik dan botol plastik
·         Karakter kerang, kaca keramik dan botol plastik
·         Teknik pengolahan kerang, kaca keramik dan botol plastik

·      Menonton video/ mengamati gambar dan membaca wacana  tentang jenis, sifat, karakter kerang, kaca keramik dan botol plastik
·      Membuat pertanyaan tentang jenis, sifat, karakter serta teknik pengolahan kerang, kaca keramik dan botol plastik yang tidak di pahami.
·      Memilih dan menentukan jenis bahan dan teknik pengolahan
·      Mengomunikasikan hasil pemilihan bahan dan teknik pengolahan
3.4 Memahami pengetahuan tentang  prinsip perancangan, pembuatan dan penyajian  produk kerajinan dari kerang, kaca, keramik dan botol plastik yang kreatif dan inovatif

4.4  Perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari kerang, kaca, keramik dan botol plastik, yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat
·         Jenis alat dan kegunaannya
·         Teknik dan langkah- langkah pembuatan
·         Teknik penyajian
·         Pembuatan rancangan produk kerajinan

    Mengamati melalui berbagai sumber tentang jenis alat, teknik dan langkah pembuatan
    Membuat pertanyaan tentang cara merancang dan pembuatan produk kerajinan dari kerang, kaca keramik dan botol plastik
    Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pembuatan
    Membuat produk dari bahan kerang, kaca keramik dan botol plastik, serta menyajikan dan mengemas
·      Mengevaluasi dan melaporkan proses dan hasil pembuatan produk kerajinan









Aspek               :  Pengolahan
Alokasi waktu  : 2 jam pembelajaran/minggu

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1  Menganalisis rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan pangan serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi makanan dan minuman yang ada wilayah setempat

4.1 Mengolah bahan pangan serealia, kacang-kacangan dan umbi yang ada di wilayah setempat menjadi makanan dan minuman sesuai rancangan

·      Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan 
·      Jenis alat dan kegunaannya
·      Teknik dan langkah-langkah pengolahan
·      Teknik pengemasan dan penyajian

·          Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di wilayah setempat dari berbagai sumber
·          Membuat pertanyaan tentang cara mengolah dan mengemas hasil olah serealia, kacang-kacangan dan umbi.
·          Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan 
·          Mengolah serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi makanan dan minuman, mengemas, dan menyajikan 
·          Mengevaluasi dan melaporkan  proses dan hasil pengolahan.
3.2  Menganalisis rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi yang ada di wilayah setempat menjadi produk pangan setengah jadi yang ada di wilayah setempat
4.2  Mengolah bahan pangan setengah jadi dari bahan pangan serealia, kacang-kacangan dan umbi  yang ada di wilayah setempat
·      Jenis bahan dasar, bahan bantu, dan bahan kemasan 
·      Jenis alat dan kegunaannya
·      Teknik dan langkah-langkah pengolahan
·      Teknik pengemasan dan penyajian

·          Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di wilayah setempat dari berbagai sumber
·          Membuat pertanyaan tentang cara mengolah dan mengemas serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi produk pangan setengah jadi
·          Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan 
·          Mengolah serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi produk pangan setengah jadi, mengemas  dan menyajikan
·          Mengevaluasi dan melaporkan  proses dan hasil pengolahan.
3.3  Menganalisis rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan setengah jadi dari bahan serealia, kacang-kacangan, dan umbi yang ada di wilayah setempat menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi) yang ada di wilayah setempat

4.3  Mengolah bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi setengah jadi yang ada di wilayah setempat menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi)
·      Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan 
·      Jenis alat dan kegunaannya
·      Teknik dan langkah-langkah pengolahan
·      Teknik pengemasan dan penyajian
·      Pembuatan rancangan pengolahan

·          Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di wilayah setempat dari berbagai sumber
·          Membuat pertanyaan tentang cara mengolah dan mengemas bahan setengah jadi serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi produk pangan  jadi (siap konsumsi)
·          Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan 
·          Mengolah serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi), mengemas  dan menyajikan
·          Mengevaluasi dan melaporkan  proses dan hasil pengolahan.
3.4  Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan hasil samping pengolahan serealia, kacang-kacangan dan atau umbi menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat

4.4  Pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan hasil samping pengolahan serealia, kacang-kacangan dan atau umbi menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
·      Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan 
·      Jenis alat dan kegunaannya
·      Teknik dan langkah-langkah pengolahan
·      Teknik pengemasan dan penyajian

·          Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di wilayah setempat dari berbagai sumber
·          Membuat pertanyaan tentang cara mengolah dan mengemas hasil samping pengolahan serealia, kacang-kacangan dan atau umbi
·          Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan 
·          Mengolah hasil samping pengolahan serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi produk pangan , mengemas  dan menyajikan
·          Mengevaluasi dan melaporkan  proses dan hasil pengolahan.

 

 

Donomulyo  18 Juli 2016
Mengetahui
Kepala Madrasah                                        Guru Mata Pelajaran





Dra. Siti Muslimah, M.Pd                           Rini Dwi Hastuti, S.Pd.T
NIP. 19671118 199303 2002                      NIP. 19810922 200901 2007


NAMA MADRASAH        :  MTs N 3 KULON PROGO

KELAS                           :  IX

TAHUN PELAJARAN      :  2016/2017


Aspek: Kerajinan
Alokasi waktu: 2 jam pembelajaran/minggu

     Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1 Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan bahan kayu, bambu, dan rotan

4.1 Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan bahan kayu (misalnya ranting, papan, dan balok), bambu, atau rotan yang sesuai dengan potensi daerah setempat
·    Jenis kayu, bambu dan rotan.
·    Sifat kayu, bambu dan rotan.
·    Karakter kayu, bambu dan rotan.
·    Teknik pengolahan kayu, bambu dan rotan.

·    Menonton video/ mengamati gambar dan membaca wacana  tentang jenis, sifat, karakter kayu, bambu dan rotan.
·    Membuat pertanyaan tentang jenis, sifat, karakter serta teknik pengolahan kayu, bambu dan rotan yang tidak di pahami.
·      Memilih dan menentukan jenis bahan dan teknik pengolahan
·      Mengomunikasikan hasil pemilihan bahan dan teknik pengolahan
3.2 Menganalisis  prinsip perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan kayu, bambu, dan rotan yang kreatif dan inovatif

4.2 Merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan kayu, bambu, dan rotan yang kreatif dan inovatif sesuai dengan potensi daerah setempat
  • Jenis alat dan kegunaannya
  • Teknik dan langkah- langkah pembuatan
  • Teknik penyajian
  • Pembuatan rancangan produk kerajinan

    Mengamati melalui berbagai sumber tentang jenis alat, teknik dan langkah pembuatan
    Membuat pertanyaan tentang cara merancang dan pembuatan produk kerajinan dari kayu, bambu dan rotan
    Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pembuatan
    Membuat produk dari bahan kayu, bambu dan rotan, serta menyajikan dan mengemas
·      Mengevaluasi dan melaporkan proses dan hasil pembuatan produk kerajinan
3.3 Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan bahan logam, batu, dan plastik
            
4.3 Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan bahan logam, batu, atau plastik yang sesuai dengan potensi daerah setempat
·         Jenis logam, batu dan plastik
·         Sifat logam, batu dan plastik
·         Karakter logam, batu dan plastik
·         Teknik pengolahan logam,batu dan plastik
·      Menonton video/ mengamati gambar dan membaca wacana  tentang jenis, sifat, karakter logam, batu dan plastik
·      Membuat pertanyaan tentang jenis, sifat, karakter serta teknik pengolahan logam, batu dan plastic  yang tidak di pahami
·      Memilih dan menentukan jenis bahan dan teknik pengolahan
·      Mengomunikasikan hasil pemilihan bahan dan teknik pengolahan
3.4 Menganalisis  prinsip perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan logam, batu, dan plastik yang kreatif dan inovatif

4.4 Merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan logam, batu, dan plastik yang kreatif dan inovatif sesuai dengan potensi daerah setempat
  • Jenis alat dan kegunaannya
  • Teknik dan langkah- langkah pembuatan
  • Teknik penyajian
  • Pembuatan rancangan produk kerajinan

    Mengamati melalui berbagai sumber tentang jenis alat, teknik dan langkah pembuatan
    Membuat pertanyaan tentang cara merancang dan pembuatan produk kerajinan dari logam, batu dan plastik
    Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pembuatan
    Membuat produk dari bahan logam, batu dan plastik, serta menyajikan dan mengemas
·      Mengevaluasi dan melaporkan proses dan hasil pembuatan produk kerajinan
Aspek             :  Pengolahan
Alokasi waktu: 2 jam pembelajaran/minggu

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1   Memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan, penyajian, dan pengemasan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) menjadi makanan yang ada di wilayah setempat
4.1 Mengolah bahan pangan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) yang ada di wilayah setempat menjadi makanan serta menyajikan dan/atau melakukan pengemasan
·      Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan 
·      Jenis alat dan kegunaannya
·      Teknik dan langkah-langkah pengolahan
·      Teknik pengemasan dan penyajian

·          Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di wilayah setempat dari berbagai sumber
·          Membuat pertanyaan tentang cara mengolah dan mengemas hasil olah bahan pangan peternakan dan perikanan
·          Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan 
·          Mengolah bahan pangan peternakan dan perikanan menjadi makanan dan minuman, mengemas, dan menyajikan 
·          Mengevaluasi dan melaporkan  proses dan hasil pengolahan.

3.2  Menganalisis prinsip perancangan, pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) menjadi produk pangan setengah jadi yang ada di wilayah setempat

4.2  Membuat bahan pangan setengah jadi dari bahan pangan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) yang ada di wilayah setempat serta menyajikan dan/atau melakukan pengemasan
·      Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan 
·      Jenis alat dan kegunaannya
·      Teknik dan langkah-langkah pengolahan
·      Teknik pengemasan dan penyajian
·      Pembuatan rancangan pengolahan

·          Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di wilayah setempat dari berbagai sumber
·          Membuat pertanyaan tentang cara mengolah, dan mengemas hasil olah bahan pangan dari peternakan dan perikanan menjadi produk pangan setengah jadi
·          Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan 
·          Mengolah bahan pangan peternakan dan perikanan menjadi produk pangan setengah jadi, serta menyajikan dan mengemas 
·          Mengevaluasi dan melaporkan  proses dan hasil pengolahan.

3.3  Menganalisis prinsip perancangan, pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan setengah jadi dari bahan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi) yang ada di wilayah setempat

4.3   Membuat bahan pangan hasil peternakan (daging,telur, susu) dan perikanan (ikan, udang,cumi, rumput laut) setengah jadi menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi) serta menyajikan dan/atau melakukan pengemasan
·      Jenis bahan dasar dan bahan bantu 
·      Jenis alat dan kegunaannya
·      Teknik dan langkah-langkah pengolahan
·      Teknik pengemasan dan penyajian
·      Pembuatan rancangan pengolahan

·          Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di wilayah setempat dari berbagai sumber
·          Membuat pertanyaan tentang cara merancang dan mengolah bahan pangan peternakan dan perikanan menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi)
·          Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan 
·          Mengolah bahan pangan peternakan dan perikanan menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi, serta menyajikan dan mengemas 
·          Mengevaluasi dan melaporkan  proses dan hasil pengolahan.

3.4  Menganalisis prinsip prinsip perancangan, pembuatan, penyajian, dan pengemasan hasil samping pengolahan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) menjadi produk pangan yang ada di wilayah setempat

4.4  Mengolah, menyajikan, dan mengemas hasil samping pengolahan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) yang ada di wilayah setempat menjadi produk pangan serta menyajikan dan/atau melakukan pengemasan
·      Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan 
·      Jenis alat dan kegunaannya
·      Teknik dan langkah-langkah pengolahan
·      Teknik pengemasan dan penyajian

·          Mengamati jenis bahan dan alat pengolahan di wilayah setempat dari berbagai sumber
·          Membuat pertanyaan tentang cara  mengolah dan mengemas hasil samping pengolahan hasil peternakan dan perikanan
·          Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan 
·          Mengolah hasil samping pengolahan hasil peternakan dan perikanan menjadi produk pangan ,  mengemas  dan menyajikan
·          Mengevaluasi dan melaporkan  proses dan hasil pengolahan.






Donomulyo  18 Juli 2016
Mengetahui
Kepala Madrasah                                        Guru Mata Pelajaran





Dra. Siti Muslimah, M.Pd                           Rini Dwi Hastuti, S.Pd.T
NIP. 19671118 199303 2002                      NIP. 19810922 200901 2007


0 comments:

Post a Comment