Pages

Subscribe:

Monday, May 27, 2019

SOAL UJIAN NASIONAL BERBASIS MADRASAH MAPEL PRAKARYA TP 2018/2019


KEMENTERIAN AGAMA

MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KULON PROGO
                  
             Alamat : Bandung, Donomulyo, Nanggulan, Kulon Progo, DIY
__________________________________________________________________________________
UJIAN MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata Pelajaran            : PRAKARYA                       Hari/Tanggal : Senin, 15 April 2019
Kelas                           : IX                                          Waktu/Jam    :  10.00 – 11.30  WIB
A.    Pilihlah jawaban salah satu dari A, B, C, dan D yang benar.
`GAMBAR MACAM-MACAM POLA DASAR


























Soal no 1-4 adalah soal hitungan pembuatan pola.
1.    Hasil pengukuran kerung lengan (kele) pada pola dasar blus adalah 48 cm.
Panjang garis E2 – Q adalah… .
A.  12
B.  20
C.  22
D.  26




2.    Kele = 40, Pale = 34 dan Lele = 28.
Panjang garis A-C dan F-E  pada pola dasar lengan adalah… .
A.    17 dan 14
B.     34 dan 28
C.     40 dan 14
D.    46 dan 17


3.    Risa mengukur 4 ukuran roknya sebagai berikut  lipi 60, lipa 80, tipa 18 dan parok 88. Berapa panjang garis A-B mk pada pola dasar roknya...
A.    18
B.     60
C.     80
D.    88

4.    Kahfi siswa kelas 7a MTsN 3 KP ingin membuat pola dasar kulot. Hasil pengukuran  tidu: 24, Berapa panjang garis O - D pada pola dasar kulotnya… .
A.    12
B.     24
C.     29
D.    30

5.  Teknik menjahit hak (kancing kait) yang benar pada rok/celana menggunakan tusuk ….
A.    tusuk jelujur
B.     tusuk feston
C.     tusuk kelim
D.    tusuk tikam jejak

6.    Gambar tusuk dasar di bawah ini berguna untuk …




A.    menghias kain
B.     menghias baju bayi
C.     mengelim ujung blus
D.    pengganti jahitan mesin

7.  Alat yang digunakan untuk mengeblat pola jadi pada kain, dengan bantuan rader dan alas karton adalah  …. 
A.    skoci
B.     spul
C.     karbon jahit
D.    bidal

8.  Tusuk dasar yang digunakan untuk membuat bantal jarum bentuk jam tangan adalah… 

A.    tusuk jelujur
B.     tusuk feston
C.     tusuk kelim
D.    tusuk tikam jejak
9.  Cara mengukur tinggi duduk (tidu) untuk ukuran kulot adalah dengan cara posisi badan dalam keadaan….
A.    berdiri
B.     duduk di kursi
C.     berbaring
D.    jongkok

10.    Urutan terakhir menjahit kulot adalah...
A.       menjahit pesak (tengah muka-blkng)
B.       menjahit kedua sisi dalam
C.       menjahit kedua sisi luar   
D.       menjahit tempat karet/elastis

11.    Urutan pertama menjahit blus wanita adalah..
A.       menjahit krah
B.       menjahit 4 cupnat
C.       menjahit kelim blus
D.       menjahit sisi lengan

12.    Setelah selesai menjahit ban pinggang pada pembuatan rok, urutan selanjutnya...
A.       menjahit tengah belakang
B.       menjahit rit
C.       menyelesaikan kelim bawah
D.       menjahit kedua bagian sisi

13.    Pada beberapa ukuran pembuatan pola ada bagian-bagian ukuran yang memerlukan kelonggaran agar baju bisa dikenakan dengan nyaman, berapa …cm ukuran tersebut.
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4
14.     
15.    Pada urutan langkah pembentukan merak, setelah dilipat menjadi dua, kain dibagi
A.    2
B.     3
C.     4
D.    5

16.    Bagian tengah pembagian kain pada pembentukan merak adalah untuk pembentukan....
A.    badan
B.     ekor
C.     kepala
D.    sayap
17.    Handuk dilipat dua memanjang adalah satu langkah pembentukan hantaran perlengkapan alat mandi dengan bentuk....
A.    singa
B.     tikus
C.     panda
D.    kelinci

18.    1. Melipat jarik menjadi dua
2. Mewiru menjadi lipit-lipit
3. Memberi ikatan pada ujung ekor
4. Membagi kain menjadi tiga bagian
     Urutan membuat bentuk ekor merak dari jarik
A.    1,4,3,2
B.     1,4,2,3
C.     4,3,1,2
D.    2,3,1,4

19.    Pembentukan sayap merak dari kain jarik dapat berasal dari belahan kain pada ...
A.    bagian badan
B.     bagian ekor
C.     bagian kepala
D.    bagian paruh

19.  Bahan yang biasa digunakan untuk membentuk kipas pada ekor merak adalah...
A.
Kapas
B.
Kaca
C.
Plastic
D.
kertas Koran

20.  Melipat handuk menjadi 2 melebar adalah urutan pertama untuk membentuk...
A.
kelinci
B.
gajah
C.
hewan laut
D.
ular

21.    Untuk membentuk telinga, ikat ujung lipatan  handuk satu-persatu kemudian ikat menjadi sat 2 ikatan itu, cara ini untuk telinga dari ...
A.
kelinci
B.
gajah
C.
panda
D.
gajah





22.    Setelah memasukan koran bentuk kepala ketempatnya, tidak perlu diikat dengan karet melainkan hanya disemat dengan jarum, adalah salah satu langkah dalam pembuatan hantaran dari handuk berbentuk…
A.
kelinci
B.
gajah
C.
panda
D.
kucing

23.    Hantaran pengantin yang umumnnya dibuat menjadi mahar sebagai syarat sahnya pernikahan dalam agama Islam adalah berupa hantaran dari bahan…..
A.
uang
B.
kain batik
C.
Perhiasan wanita
D.
alat sholat wanita

24.    Produk pangan dari hasil samping peternakan dan perikanan berupa …
A.
terasi, kripik kulit, krecek
B.
baso, pempek, dendeng dan surimi
C.
rending, opor, gulai dan sate
D.
nugget, sosis, dan fillet ikan

25.    Makanan olahan hasil peternakan dan perikanan dari nusantara contohnya … .
A.  nuget                                  
B.  ayam krispi
C.  sosis                                               
D.  rendang

26.    Makanan olahan dari hasil peternakan berupa daging ditusuk dan dipanggang dibumbui sambel kacang dan kecap terkenal dari daerah… .
A.    palembang                                   
B.     surabaya
C.     madura                            
D.    bandung
27.    Salah satu produk setengah jadi dari hasil perikanan adalah… .
A.  pempek                              
B.  naget ayam                        
C.  pindang ikan
D.  baso sapi

28.    Contoh makanan yang diawetkan dengan cara jangka pendek adalah … .
A.  sarden
B.  telur asin                            
C.  kornet
D.  sosis

29.    Di bawah ini yang termasuk metode memasak hasil peternakan dan perikanan dengan cara proses kering adalah… .
A.    perebusan 
B.     pengukusan
C.     pemanggangan
D.    penggorengan

30.    Perhatikan data berikut!
No 
Jenis bahan makanan pokok
1
2
3
4
5
6
Singkong
Beras
Ubi jalar
Kentang
Jagung
Gandum

Berdasarkan data diatas yang termasuk makanan pokok jenis umbi-umbian ditunjukkan nomor….
A.    1, 2, 3
B.     1, 3, 4
C.     4, 5, 6
D.    2, 5, 6

31.    Serealia dan umbi menjadi sumber bahan makanan pokok karena mengandung zat gizi utama….yang dapat mengenyangkan
A.      protein
B.       mineral
C.       vitamin
D.      karbohidrat

32.    Teknik mengolah ayam krispi, mendoan dan tahu isi dengan teknik…,
A.      baking
B.       grilling
C.       deep frying
D.      sautéing


33.    Berikut yang merupakan pati hasil pengolahan dari jagung adalah….
A.      tepung tapioka
B.       tepung maizena
C.       tepung kanji
D.      tepung terigu

34.    Bahan baku pembuatan rengginang adalah…,
A.      beras
B.       jagung
C.       beras ketan
D.      tepung tapioca

35.    Produk olahan buah menjadi makanan …
A.       dawet dan jus jambu
B.       es canpur
C.       es pisang ijo
D.       sukun dan pisang goreng

36.    Sayuran sangat bermanfaat untuk membangun daya tahan tubuh, karena dalam sayuran banyak mengandung… .
A.  vitamin, mineral dan air
B.  vitamin, mineral dan karbohidrat
C.  protein, lemak dan air
D.  protein, lemak dan vitamin

37.    Contoh hasil olahan buah menjadi minuman adalah… .
A.  jus seledri
B.  dawet ireng
C.  es campur/sup
D.  asinan buah

38.    Produk minuman dari hasil samping buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan adalah…
A.       jus melon
B.       jus kulit manggis
C.       abon kulit nanas
D.       jus jambu merahla jawa 

39.    Teknik pembuatan kerajinan gerabah keramik dari bahan tanah liat adalah.. .
A.       dibentuk
B.       dipahat
C.       dijahit
D.       disungging
40.    Kulit buah, kulit sayuran dan jerami adalah contoh 
A.  limbah anorganik
B.  limbah organik kering
C.  limbah organik keras
D.  limbah organik basah

41.  Tidak membeli sampho sasetan (kemasan 1 x pakai) dan membeli isi ulang shampoo dalam skala besar untuk keperluan 1 bulan, merupakan salah satu contoh perilaku dari 3 R yaitu… .
A.  reduce
B.  reuse
C.  recycle
D.  remove

42.    Dalam hierarki penanganan sampah, pengelolaan sampah organik dengan menimbunnya supaya menjadi kompos (pupuk organik) disebut… .
A.  reduce
B.  recycle
C.  reuse
D.  repair

43.    Bahan sisa yang termasuk limbah anorganik keras  adalah… .
A.  limbah kaca
B.  limbah plastik
C.  limbah kaleng
D.  limbah dari tumbuhan

44.    Bahan dasar pembuatan stupa adalah
A.  kayu
B.  besi
C.  batu
D.  tulang

45.    Batu yang dibentuk dari hasil proses geologi, unsurnya terdiri dari berbagai komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi …
A.  batu bara
B.  batu mutiara
C.  batu akik
D.  batu permata

46.    Perhatikan bahan-bahan kerajinan berikut:
1.      Rotan                   6. Emas
2.      Bambu                  7. Jati
3.      Kerang                 8. Batu
4.      Galvalum              9. Tulang
5.      Fiberglass
Kelompok bahan keras alami untuk membuat kerajinan adalah….
A.  1, 2, 7, dan 8
B.  1. 3, 5, dan 8
C.  2, 5, 8, dan 7
D.  1, 4, 7, dan 9

47.    Ciri khas ikan lauhan yang membedakan dari ikan hias lainnya adalah…
A.  ekor panjang
B.  tonjolan di kepala
C.  warna kulit yang indah
D.  sirip yang berwarna-warni

48.    Sakelar yang ditanam di dalam tembok disebut sakelar….
A.  tunggal
B.  pus on
C.  In bow
D.  majemuk

49.    Ikan konsumsi berikut yang dibudidayakan di perairan air tawar adalah ikan …
A.  kerapu
B.  tongkol
C.  bandeng
D.  gurameh

50.    Jenis ikan yang dijuluki sebagai ikan petarung …
A.  koi
B.  komet
C.  cupang
D.  arwana

SELAMAT MENGERJAKAN !!

KEMENTERIAN AGAMA

MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KULON PROGO
                  
                         Alamat : Bandung, Donomulyo, Nanggulan, Kulon Progo, DIY
_______________________________________________________________________________________

UJIAN MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Mata Pelajaran            : PRAKARYA                       Hari/Tanggal : Senin, 15 April 2019
Kelas                           : IX                                          Waktu/Jam    :  10.30 – 12.00  WIB


KISI-KISI UJIAN
MATERI
Pengalaman Belajar 3 tahun Kelas IX Tahun Pelajaran 2018/2019
VII
VIII
IX
Kepemilikan siswa terhadap LKS cetak Azzahra /MGMP
Gasal-
Gasal Azzahra
Gasal Azzahra
Genap-
Genap -
Genap -
KETERSEDIAAN BUKU PRAKARYA DI PERPUSTAKAAN BELUM MENCUKUPI UNTUK DIPINJAMKAN SATU SISWA SATU DIBAWA PULANG KETIKA KLS 8 DAN 9
KELAS 7 SEM GASAL BISA DIPINJAMKAN SEM GENAP TIDAK ADA BUKU (GURU KOPI MATERI PENGOLAHAN SENDIRI)
KELAS 8 EDISI LAMA
KELAS 9 EDISI BARU ADA
DI PINJAMKAN HANYA KETIKA KBM DI KELAS BERSAMA GURU  BELUM BISA SATU SISWA SATU ATAU SATU MEJA SATU
KERAJINAN
KERAJINAN
KERAJINAN
VII
VIII
IX
Kerajinan dari bahan alam (lama)
Kerajinan limbah organik (lama)
Kerajinan fungsi hias (lama)X
Kerajinan dari bahan buatan (lama)
Kerajinan limbah anorganik (lama)
Kerajinan fungsi pakai (lama)X
Kerajinan limbah lunak organik dan anorganik (lama)
Kerajinan bahan limbah keras (baru)X
Kerajinan bahan keras (baru)
Kerajinan serat (baru) X
Kerajinan bahan lunak (baru)X
Kerajinan berbasis media campuran (baru)
Kerajinan tekstil (baru) X


Kerajinan bahan limbah lunak (baru)


REKAYASA
REKAYASA
REKAYASA
Penjernihan air (lama)X
Komunikasi tradisional dan modern
# bel sederhana(baru)

Produk sederhana dengan teknologi mekanik (lama)X
Alat litrik (baru)

Miniatur rumah (baru) X

Prinsip kelistrikan dan sistem instalasi listrik
#papan instalasi listrik (baru)
Miniatur jembatan (baru) X

Dasar-dasar elektronika
# Membuat rangkaian seri lampu sederhana (baru)
BUDIDAYA
BUDIDAYA
BUDIDAYA
Budidaya tanaman pangan (lama)
Budidaya ikan konsumsi (lama)
Budidaya ternak hias : kelinci, burung merpati, dan burung kicauan
Budidaya tanaman obat (lama)
Budidaya ikan hias (lama)

Budidaya tanaman sayuran (baru)X
Budidaya hewan kesayangan
……(baru)X
Budi daya ikan konsumsi (baru)
Budidaya tanaman obat (baru)X
Budidaya satwa harapan
……… (baru)X
Budi daya ikan hias (baru)
PENGOLAHAN
PENGOLAHAN
PENGOLAHAN
Pengolahan buah dan sayuran (lama)
Pengolahan bahan makanan serealia dan umbi-umbian (lama)
Pengolahan daging dan ikan menjadi produk pangan (lama)
Pengolahan buah dan sayuran menjadi makanan cepat saji (lama)
Pengolahan serealia dan umbi menjadi makanan khas wilayah setempat  (lama)
Pengolahan daging dan ikan menjadi produk pangan setengah jadi (lama)
Pengolahan hasil samping pangan nabati menjadi bahan dasar kerajinan (lama)
Pengolahan hasil samping serealia dan umbi menjadi produk non pangan (lama)
Pengolahan bahan pangan setengah jadi dari daging dan ikan menjadi produk pangan (lama)
Pengolahan buah segar menjadi makanan dan minuman (baru)
Pengolahan bahan pangan serealia, umbi dan kacang-kacangan menjadi olahan pangan (baru)
Pengolahan hasil samping daging dan ikan menjadi produk non pangan (lama)
Pengolahan hasil samping buah menjadi produk pangan (baru)
Pengolahan bahan pangan serealia, umbi, dan kacang-kacangan menjadi olahan pangan setengah jadi (baru)
Pengolahan hasil peternakan dan perikanan menjadi makanan siap saji (baru)
Pengolahan bahan pangan sayuran menjadi makanan dan minuman (baru)
Pengolahan bahan setengah jadi dari  serealia, umbi, dan kacang-kacangan menjadi makanan khas wilayah setempat.(baru)
Pengolahan hasil peternakan dan perikanan menjadi olahan pangan setengah jadi (baru)
Pengolahan bahan pangan hasil samping sayuran menjadi produk pangan (baru)  
Pengolahan hasil samping serealia, umbi, dan kacang-kacangan menjadi produk pangan. (baru)
Pengolahan bahan pangan setengah jadi dari hasil peternakan dan perikanan makanan (baru)


Pengolahan produk samping dari  peternakan dan perikanan menjadi makanan (baru)
MUATAN LOKAL MADRASAH
MUATAN LOKAL MADRASAH
MUATAN LOKAL MADRASAH
Pola dasar blus, 5 tusuk dasar, alat dan bahan jahit,dan pembuatan bantal jarum model jam tangan dan macam-macam ukuran yaitu : 8 ukuran blus, 3 lengan, 4 rok dan 1 kulot
Membuat rok atau kulot
Hantaran dari handuk
Pola dasar blus
Macam-macam ukuran rok dan kulot
Hantaran dari jarik
Pola lengan
Pola rok
Hantaran dari perlengkapan ibadah
Pola rok
Pola kulot

Pola kulot
Cara menjahit rok dan kulot

Teknis penggunaan mesin jahit manual dan mesin pembuat lubang kancing (itik-itik).
Membuat blus atau kemeja


Macam-macam ukuran blus dan lengan


Pola blus


Pola kemeja SML


Cara menjahit blus dan kemeja



PERALIHAN MATERI LAMA KE BARU
KELAS VIII
Semester gasal (lama)
Semester gasal (baru)
Semester genap (lama)
Semester genap (baru)


Kerajinan dari limbah anorganik
Kerajinan bahan limbah keras


Pengubah besaran listrik dan sensor



Budidaya ikan hias
Budi daya ikan konsumsi


Pengelohan bahan pangan setengah jadi dari serealia dan umbi menjadi makanan khas wilayah setempat
Pengolahan bahan setengah jadi serealia kacang-kacangan dan umbi menjadi makanan khas wilayah setempat.


Pengolahan hasil samping bahan pangan serealia dan umbi menjadi produk non pangan
Pengolahan hasil samping serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi produk pangan
PEMBAGIAN PERSENTASE KELAS
KELAS
Persentase
JUMLAH SOAL 50 PG
VII
30 %
15
VIII
30 %
15
IX
40 %
20


PEMBAGIAN PERSENTASE MATERI
KELAS
VII
%

JUMLAH SOAL
15
KELAS
VIII
%

JUMLAH SOAL
15
KELAS
IX
%

JUMLAH SOAL
20
KERAJINAN
15%
3
KERAJINAN
205
3
KERAJINAN
10%
2
PENGOLAHAN
30%
4
PENGOLAHAN
30%
5
PENGOLAHAN
30%
6
MULOK
40%
6
MULOK
50%
7
MULOK
50%
10
REKAYASA
10%
1
REKAYASA
-

REKAYASA
5%
1
BUDIDAYA
10%
1
BUDIDAYA
-

BUDIDAYA
5%
1

PENGGOLONGAN MATERI
MATERI
Jumlah soal dari kls 789
Persentase total
50 soal
% Pengalaman siswa kls 9 TP 2018/2019 terhadap materi prakarya berdasarkan sarpras yang ada dan pendalaman materi didampingi guru
MULOK
6+7+10=23
46%
PENGOLAHAN
4+5+6=15
30%
KERAJINAN
3+3+2=8
16%
REKAYASA
1+1=2
4%
BUDIDAYA
1+1=2
4%








DETAIL KISI-KISI MATERI BERDASARKAN PERTIMBANGAN PERSENTASE DIATAS

MATERI
6-7-10
No Soal
Kelas
VII sd IX
Mulok Menjahit

VII
4 tusuk dasar
1
5, 6

Alat jahit
1
7

Bantal jarum
1
8

Cara mengukur
2
9, 13

Pola blus
1
1

Pola lengan
1
2

Pola rok
1
3

Pola kulot
1
4
VIII
Mengubah Pola
1
0

Cara menjahit
3
10, 11, 12
IX
Hantaran
10
14-23
JUMLAH SOAL 23


Materi
PRAKARYA

15+8+2+2

PENGOLAHAN


Buah
VII = 4
2 =

Buah mjd makanan
1

Hasil samping buah mjd olahan pangan
1

Sayuran

2=

Sayuran mjd olahan sayur
1

Hasil samping sayur mjd olahan pangan
1

Umbi, serealia dan kacang-kacangan
VIII = 5



Mjd olahan pangan
1

Mjd olahan setengah jadi 
1

Olahan setengah jadi mjd makanan
1

Mjd makanan setempat
1

Hasil samping mjd olahan pangan
1

Peternakan dan perikanan
IX= 6


Olahan pangan
2

Olahan setengah jadi
1

Setengah jadi menjadi olahan pangan
2

Hasil samping mjd olahan pangan
1

KERAJINAN
8

Bahan alam
4


Limbah Lunak dan keras
2


Limbah Organik dan Anorganik
2


REKAYASA





BUDIDAYA










KUNCI JAWABAN
1
C
11
B
21
A
31
D
41
A
2
A
12
C
22
B
32
C
42
B
3
D
13
D
23
D
33
B
43
A
4
C
14
B
24
A
34
C
44
C
5
B
15
A
25
D
35
D
45
D
6
D
16
D
26
C
36
A
46
A
7
C
17
B
27
A
37
C
47
B
8
A
18
C
28
B
38
B
48
C
9
B
19
D
29
C
39
A
49
D
10
D
20
B
30
B
40
D
50
C







PEDOMAN PESKORAN
JUMLAH SOAL 50
NILAI= JUMLAH JAWABAN BENAR X 2 = 5 x 2 = 100







                                                                                        
 






0 comments:

Post a Comment