KEMENTERIAN
AGAMA
MADRASAH
TSANAWIYAH NEGERI 3 KULON PROGO
Alamat : Bandung, Donomulyo, Nanggulan, Kulon Progo, DIY
__________________________________________________________________________________
UJIAN MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL
TAHUN PELAJARAN
2018/2019
Mata
Pelajaran : PRAKARYA Hari/Tanggal : Senin, 15 April
2019
Kelas : IX Waktu/Jam : 10.00
– 11.30 WIB
A. Pilihlah jawaban salah satu dari A, B, C, dan D yang benar.
`GAMBAR
MACAM-MACAM POLA DASAR
Soal
no 1-4 adalah soal hitungan pembuatan pola.
1.
Hasil pengukuran kerung lengan (kele) pada pola dasar blus adalah 48 cm.
Panjang garis E2 – Q adalah… .
A. 12
|
B. 20
|
C. 22
|
D. 26
|
2.
Kele = 40, Pale = 34 dan Lele = 28.
Panjang garis
A-C dan F-E pada pola dasar lengan adalah… .
A. 17 dan 14
|
B. 34 dan 28
|
C. 40 dan 14
|
D. 46 dan 17
|
3.
Risa mengukur 4 ukuran roknya sebagai berikut lipi 60, lipa 80, tipa 18 dan parok 88.
Berapa panjang garis A-B mk pada pola
dasar roknya...
A. 18
|
B. 60
|
C. 80
|
D. 88
|
4.
Kahfi siswa kelas 7a MTsN 3 KP ingin membuat pola dasar
kulot. Hasil pengukuran tidu: 24, Berapa
panjang garis O - D pada pola dasar
kulotnya… .
A. 12
|
B. 24
|
C. 29
|
D. 30
|
5.
Teknik menjahit hak (kancing kait) yang benar pada rok/celana
menggunakan tusuk ….
A. tusuk jelujur
|
B. tusuk feston
|
C. tusuk kelim
|
D. tusuk tikam jejak
|
6.
Gambar tusuk dasar di bawah ini berguna untuk …
A. menghias kain
|
B. menghias baju bayi
|
C. mengelim ujung blus
|
D. pengganti jahitan mesin
|
7. Alat
yang digunakan untuk mengeblat pola jadi pada kain, dengan bantuan rader
dan alas karton adalah ….
A. skoci
|
B. spul
|
C. karbon jahit
|
D. bidal
|
8.
Tusuk dasar yang
digunakan untuk membuat bantal
jarum bentuk jam tangan
adalah…
A. tusuk jelujur
|
B. tusuk feston
|
C. tusuk kelim
|
D. tusuk tikam jejak
|
9.
Cara mengukur tinggi duduk (tidu) untuk ukuran kulot adalah dengan cara posisi badan dalam keadaan….
A. berdiri
|
B. duduk di kursi
|
C. berbaring
|
D. jongkok
|
10.
Urutan terakhir
menjahit kulot adalah...
A. menjahit
pesak (tengah muka-blkng)
B. menjahit
kedua sisi dalam
C. menjahit
kedua sisi luar
D. menjahit
tempat karet/elastis
11.
Urutan
pertama menjahit blus wanita adalah..
A. menjahit krah
B. menjahit
4 cupnat
C. menjahit kelim blus
D. menjahit sisi lengan
12.
Setelah selesai
menjahit ban pinggang pada pembuatan rok,
urutan selanjutnya...
A.
menjahit tengah
belakang
B.
menjahit rit
C.
menyelesaikan kelim bawah
D.
menjahit kedua bagian sisi
13.
Pada beberapa
ukuran pembuatan pola ada bagian-bagian ukuran yang memerlukan kelonggaran agar
baju bisa dikenakan dengan nyaman, berapa …cm ukuran tersebut.
A. 1
|
B. 2
|
C. 3
|
D. 4
|
14.
15.
Pada urutan langkah pembentukan merak, setelah dilipat menjadi dua,
kain dibagi…
A. 2
|
B. 3
|
C. 4
|
D. 5
|
16. Bagian tengah pembagian kain pada pembentukan
merak adalah untuk pembentukan....
A. badan
|
B. ekor
|
C. kepala
|
D. sayap
|
17.
Handuk dilipat dua memanjang adalah satu langkah pembentukan hantaran perlengkapan alat mandi dengan bentuk....
A. singa
|
B. tikus
|
C. panda
|
D. kelinci
|
18.
1. Melipat jarik menjadi dua
2. Mewiru menjadi
lipit-lipit
3. Memberi ikatan
pada ujung ekor
4. Membagi kain
menjadi tiga bagian
Urutan membuat bentuk ekor merak dari jarik
A. 1,4,3,2
|
B. 1,4,2,3
|
C. 4,3,1,2
|
D. 2,3,1,4
|
19.
Pembentukan sayap merak dari kain jarik dapat berasal dari belahan
kain pada ...
A. bagian badan
|
B. bagian ekor
|
C. bagian kepala
|
D. bagian paruh
|
19. Bahan yang biasa digunakan untuk membentuk kipas pada ekor merak adalah...
A.
|
Kapas
|
B.
|
Kaca
|
C.
|
Plastic
|
D.
|
kertas Koran
|
20. Melipat handuk menjadi 2 melebar
adalah urutan pertama untuk membentuk...
A.
|
kelinci
|
B.
|
gajah
|
C.
|
hewan laut
|
D.
|
ular
|
21. Untuk membentuk telinga, ikat ujung lipatan handuk satu-persatu kemudian
ikat menjadi sat 2 ikatan itu, cara ini untuk telinga dari ...
A.
|
kelinci
|
B.
|
gajah
|
C.
|
panda
|
D.
|
gajah
|
22. Setelah memasukan koran bentuk kepala
ketempatnya, tidak perlu diikat dengan karet melainkan hanya disemat dengan
jarum, adalah salah satu langkah dalam pembuatan hantaran dari handuk berbentuk…
A.
|
kelinci
|
B.
|
gajah
|
C.
|
panda
|
D.
|
kucing
|
23.
Hantaran
pengantin yang umumnnya dibuat menjadi mahar sebagai syarat sahnya pernikahan
dalam agama Islam adalah berupa hantaran dari bahan…..
A.
|
uang
|
B.
|
kain batik
|
C.
|
Perhiasan wanita
|
D.
|
alat sholat wanita
|
24.
Produk pangan
dari hasil samping peternakan dan perikanan berupa …
A.
|
terasi, kripik kulit, krecek
|
B.
|
baso, pempek, dendeng dan surimi
|
C.
|
rending, opor, gulai dan sate
|
D.
|
nugget, sosis, dan fillet ikan
|
25.
Makanan olahan hasil
peternakan dan perikanan dari nusantara contohnya … .
A.
nuget
B.
ayam krispi
C.
sosis
D.
rendang
26.
Makanan olahan dari hasil
peternakan berupa daging ditusuk
dan dipanggang dibumbui sambel kacang dan kecap terkenal dari daerah… .
A.
palembang
B.
surabaya
C.
madura
D.
bandung
27.
Salah satu produk
setengah jadi dari hasil perikanan adalah… .
A.
pempek
B. naget ayam
C.
pindang ikan
D.
baso sapi
28.
Contoh makanan
yang diawetkan dengan cara jangka pendek adalah … .
A. sarden
B. telur asin
C. kornet
D. sosis
29.
Di bawah ini yang termasuk metode memasak hasil peternakan dan
perikanan dengan cara proses kering adalah… .
A.
perebusan
B.
pengukusan
C.
pemanggangan
D.
penggorengan
30.
Perhatikan data
berikut!
No
|
Jenis bahan makanan pokok
|
1
2
3
4
5
6
|
Singkong
Beras
Ubi jalar
Kentang
Jagung
Gandum
|
Berdasarkan
data diatas yang termasuk makanan pokok jenis umbi-umbian ditunjukkan nomor….
A.
1, 2, 3
B.
1, 3, 4
C.
4,
5, 6
D.
2, 5, 6
31.
Serealia dan
umbi menjadi sumber bahan makanan pokok karena mengandung zat gizi utama….yang
dapat mengenyangkan
A.
protein
B.
mineral
C.
vitamin
D.
karbohidrat
32.
Teknik mengolah
ayam krispi, mendoan dan tahu isi dengan teknik…,
A. baking
B. grilling
C. deep frying
D. sautéing
33.
Berikut yang
merupakan pati hasil pengolahan dari jagung adalah….
A.
tepung tapioka
B.
tepung maizena
C.
tepung kanji
D.
tepung terigu
34.
Bahan baku
pembuatan rengginang adalah…,
A. beras
B. jagung
C. beras ketan
D. tepung tapioca
35.
Produk olahan
buah menjadi makanan …
A. dawet dan jus jambu
B. es canpur
C. es pisang ijo
D. sukun dan pisang goreng
36.
Sayuran sangat
bermanfaat untuk membangun daya tahan tubuh, karena dalam sayuran banyak
mengandung… .
A.
vitamin, mineral dan air
B.
vitamin, mineral dan karbohidrat
C.
protein, lemak dan air
D.
protein, lemak dan vitamin
37.
Contoh hasil
olahan buah menjadi minuman adalah… .
A.
jus seledri
B.
dawet ireng
C.
es campur/sup
D.
asinan buah
38.
Produk minuman
dari hasil samping buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan adalah…
A.
jus melon
B.
jus kulit
manggis
C.
abon kulit nanas
D.
jus jambu merahla jawa
39.
Teknik pembuatan
kerajinan gerabah keramik dari bahan tanah liat adalah.. .
A.
dibentuk
B.
dipahat
C.
dijahit
D.
disungging
40.
Kulit buah, kulit sayuran dan
jerami adalah contoh …
A. limbah
anorganik
B. limbah
organik kering
C. limbah
organik keras
D. limbah
organik basah
41.
Tidak membeli sampho sasetan (kemasan 1 x pakai) dan
membeli isi ulang shampoo dalam skala besar untuk keperluan 1 bulan, merupakan
salah satu contoh perilaku dari 3 R yaitu… .
A. reduce
B.
reuse
C.
recycle
D.
remove
42.
Dalam hierarki
penanganan sampah, pengelolaan sampah organik dengan menimbunnya supaya menjadi
kompos (pupuk organik) disebut… .
A. reduce
B. recycle
C. reuse
D. repair
43.
Bahan sisa yang
termasuk limbah anorganik keras adalah…
.
A. limbah kaca
B. limbah plastik
C. limbah kaleng
D. limbah dari tumbuhan
44.
Bahan dasar
pembuatan stupa adalah
A. kayu
B. besi
C. batu
D. tulang
45.
Batu yang
dibentuk dari hasil proses geologi, unsurnya terdiri dari berbagai komponen kimia
yang mempunyai harga jual tinggi …
A. batu bara
B. batu mutiara
C. batu akik
D. batu permata
46.
Perhatikan
bahan-bahan kerajinan berikut:
1.
Rotan 6. Emas
2.
Bambu 7. Jati
3.
Kerang 8. Batu
4.
Galvalum 9. Tulang
5.
Fiberglass
Kelompok bahan keras alami untuk membuat kerajinan
adalah….
A. 1, 2, 7, dan 8
B. 1. 3, 5, dan 8
C. 2, 5, 8, dan 7
D. 1, 4, 7, dan 9
47.
Ciri khas ikan
lauhan yang membedakan dari ikan hias lainnya adalah…
A. ekor panjang
B. tonjolan di kepala
C. warna kulit yang indah
D. sirip yang berwarna-warni
48.
Sakelar yang
ditanam di dalam tembok disebut sakelar….
A. tunggal
B. pus on
C. In bow
D. majemuk
49.
Ikan konsumsi
berikut yang dibudidayakan di perairan air tawar adalah ikan …
A. kerapu
B. tongkol
C. bandeng
D. gurameh
50.
Jenis ikan yang
dijuluki sebagai ikan petarung …
A. koi
B. komet
C. cupang
D. arwana
SELAMAT MENGERJAKAN
!!
KEMENTERIAN
AGAMA
MADRASAH
TSANAWIYAH NEGERI 3 KULON PROGO
Alamat : Bandung,
Donomulyo, Nanggulan, Kulon Progo, DIY
_______________________________________________________________________________________
UJIAN MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL
TAHUN PELAJARAN
2018/2019
Mata
Pelajaran : PRAKARYA Hari/Tanggal : Senin, 15 April
2019
Kelas : IX Waktu/Jam : 10.30
– 12.00
WIB
KISI-KISI UJIAN
MATERI
Pengalaman
Belajar 3 tahun Kelas IX Tahun Pelajaran 2018/2019
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
Kepemilikan
siswa terhadap LKS cetak Azzahra /MGMP
|
||
Gasal-
|
Gasal Azzahra
|
Gasal Azzahra
|
Genap-
|
Genap -
|
Genap -
|
KETERSEDIAAN BUKU PRAKARYA DI PERPUSTAKAAN BELUM
MENCUKUPI UNTUK DIPINJAMKAN SATU SISWA SATU DIBAWA PULANG KETIKA KLS 8 DAN 9
KELAS 7 SEM GASAL BISA DIPINJAMKAN SEM GENAP TIDAK
ADA BUKU (GURU KOPI MATERI PENGOLAHAN SENDIRI)
KELAS 8 EDISI LAMA
KELAS 9 EDISI BARU ADA
DI PINJAMKAN HANYA KETIKA KBM DI KELAS BERSAMA
GURU BELUM BISA SATU SISWA SATU ATAU
SATU MEJA SATU
|
||
KERAJINAN
|
KERAJINAN
|
KERAJINAN
|
VII
|
VIII
|
IX
|
Kerajinan dari bahan alam (lama)
|
Kerajinan
limbah organik (lama)
|
Kerajinan fungsi hias (lama)X
|
Kerajinan dari bahan buatan (lama)
|
Kerajinan limbah anorganik (lama)
|
Kerajinan fungsi pakai (lama)X
|
Kerajinan limbah lunak organik dan anorganik (lama)
|
Kerajinan bahan limbah keras (baru)X
|
Kerajinan bahan keras (baru)
|
Kerajinan serat (baru) X
|
Kerajinan bahan lunak (baru)X
|
Kerajinan berbasis media campuran (baru)
|
Kerajinan tekstil (baru) X
|
||
Kerajinan bahan limbah lunak (baru)
|
||
REKAYASA
|
REKAYASA
|
REKAYASA
|
Penjernihan air (lama)X
|
Komunikasi tradisional dan modern
# bel sederhana(baru)
|
|
Produk sederhana dengan teknologi mekanik (lama)X
|
Alat litrik (baru)
|
|
Miniatur rumah (baru) X
|
Prinsip kelistrikan dan sistem instalasi listrik
#papan instalasi listrik (baru)
|
|
Miniatur jembatan (baru) X
|
Dasar-dasar elektronika
# Membuat rangkaian seri lampu sederhana (baru)
|
|
BUDIDAYA
|
BUDIDAYA
|
BUDIDAYA
|
Budidaya tanaman pangan (lama)
|
Budidaya ikan konsumsi (lama)
|
Budidaya ternak hias : kelinci, burung merpati, dan
burung kicauan
|
Budidaya tanaman obat (lama)
|
Budidaya ikan hias (lama)
|
|
Budidaya tanaman sayuran (baru)X
|
Budidaya hewan kesayangan
……(baru)X
|
Budi daya ikan konsumsi (baru)
|
Budidaya tanaman obat (baru)X
|
Budidaya satwa harapan
……… (baru)X
|
Budi daya ikan hias (baru)
|
PENGOLAHAN
|
PENGOLAHAN
|
PENGOLAHAN
|
Pengolahan buah dan sayuran (lama)
|
Pengolahan
bahan makanan
serealia dan umbi-umbian (lama)
|
Pengolahan daging dan ikan menjadi produk pangan
(lama)
|
Pengolahan buah dan sayuran menjadi makanan cepat
saji (lama)
|
Pengolahan
serealia dan umbi menjadi makanan khas wilayah setempat (lama)
|
Pengolahan daging dan ikan menjadi produk pangan
setengah jadi (lama)
|
Pengolahan hasil samping pangan nabati menjadi bahan
dasar kerajinan (lama)
|
Pengolahan hasil samping serealia dan umbi menjadi produk non pangan
(lama)
|
Pengolahan bahan pangan setengah jadi dari daging
dan ikan menjadi produk pangan (lama)
|
Pengolahan buah segar menjadi makanan dan minuman
(baru)
|
Pengolahan bahan pangan serealia, umbi dan kacang-kacangan menjadi
olahan pangan (baru)
|
Pengolahan hasil samping daging dan ikan menjadi
produk non pangan (lama)
|
Pengolahan hasil samping buah menjadi produk pangan
(baru)
|
Pengolahan bahan pangan
serealia, umbi, dan kacang-kacangan menjadi olahan pangan setengah jadi
(baru)
|
Pengolahan hasil
peternakan dan perikanan menjadi makanan
siap saji (baru)
|
Pengolahan bahan pangan sayuran menjadi makanan dan
minuman (baru)
|
Pengolahan bahan setengah
jadi dari serealia, umbi, dan
kacang-kacangan menjadi makanan khas wilayah setempat.(baru)
|
Pengolahan hasil
peternakan dan perikanan menjadi olahan pangan
setengah jadi (baru)
|
Pengolahan bahan pangan hasil samping sayuran
menjadi produk pangan (baru)
|
Pengolahan hasil samping
serealia, umbi, dan kacang-kacangan menjadi produk pangan. (baru)
|
Pengolahan bahan pangan setengah jadi dari hasil peternakan dan perikanan makanan (baru)
|
Pengolahan produk samping
dari peternakan dan perikanan
menjadi makanan (baru)
|
||
MUATAN LOKAL
MADRASAH
|
MUATAN LOKAL
MADRASAH
|
MUATAN LOKAL
MADRASAH
|
Pola dasar blus, 5 tusuk dasar, alat dan bahan
jahit,dan pembuatan bantal jarum model jam tangan dan macam-macam ukuran
yaitu : 8 ukuran blus, 3 lengan, 4 rok dan 1 kulot
|
Membuat rok
atau kulot
|
Hantaran dari handuk
|
Pola dasar blus
|
Macam-macam
ukuran rok dan kulot
|
Hantaran dari jarik
|
Pola lengan
|
Pola rok
|
Hantaran dari perlengkapan ibadah
|
Pola rok
|
Pola
kulot
|
|
Pola kulot
|
Cara
menjahit rok dan kulot
|
|
Teknis penggunaan mesin jahit manual dan mesin
pembuat lubang kancing (itik-itik).
|
Membuat blus
atau kemeja
|
|
Macam-macam ukuran blus dan lengan
|
||
Pola blus
|
||
Pola kemeja SML
|
||
Cara menjahit blus dan kemeja
|
PERALIHAN
MATERI LAMA KE BARU
KELAS
VIII
|
|||
Semester
gasal (lama)
|
Semester
gasal (baru)
|
Semester
genap (lama)
|
Semester
genap (baru)
|
Kerajinan dari limbah
anorganik
|
Kerajinan bahan limbah
keras
|
||
Pengubah besaran listrik
dan sensor
|
|||
Budidaya ikan hias
|
Budi daya ikan konsumsi
|
||
Pengelohan bahan pangan
setengah jadi dari serealia dan umbi menjadi makanan khas wilayah setempat
|
Pengolahan bahan setengah
jadi serealia kacang-kacangan dan umbi menjadi makanan khas wilayah setempat.
|
||
Pengolahan hasil samping
bahan pangan serealia dan umbi menjadi produk non pangan
|
Pengolahan hasil samping
serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi produk pangan
|
PEMBAGIAN PERSENTASE KELAS
KELAS
|
Persentase
|
JUMLAH SOAL 50 PG
|
VII
|
30 %
|
15
|
VIII
|
30 %
|
15
|
IX
|
40 %
|
20
|
PEMBAGIAN PERSENTASE MATERI
KELAS
VII
|
%
|
JUMLAH SOAL
15
|
KELAS
VIII
|
%
|
JUMLAH SOAL
15
|
KELAS
IX
|
%
|
JUMLAH SOAL
20
|
KERAJINAN
|
15%
|
3
|
KERAJINAN
|
205
|
3
|
KERAJINAN
|
10%
|
2
|
PENGOLAHAN
|
30%
|
4
|
PENGOLAHAN
|
30%
|
5
|
PENGOLAHAN
|
30%
|
6
|
MULOK
|
40%
|
6
|
MULOK
|
50%
|
7
|
MULOK
|
50%
|
10
|
REKAYASA
|
10%
|
1
|
REKAYASA
|
-
|
REKAYASA
|
5%
|
1
|
|
BUDIDAYA
|
10%
|
1
|
BUDIDAYA
|
-
|
BUDIDAYA
|
5%
|
1
|
PENGGOLONGAN MATERI
MATERI
|
Jumlah soal
dari kls 789
|
Persentase
total
50 soal
|
% Pengalaman
siswa kls 9 TP 2018/2019 terhadap materi prakarya berdasarkan sarpras yang
ada dan pendalaman materi didampingi guru
|
||
MULOK
|
6+7+10=23
|
46%
|
PENGOLAHAN
|
4+5+6=15
|
30%
|
KERAJINAN
|
3+3+2=8
|
16%
|
REKAYASA
|
1+1=2
|
4%
|
BUDIDAYA
|
1+1=2
|
4%
|
DETAIL KISI-KISI MATERI BERDASARKAN PERTIMBANGAN
PERSENTASE DIATAS
MATERI
6-7-10
|
No Soal
|
|||
Kelas
|
VII sd IX
|
Mulok Menjahit
|
||
VII
|
4 tusuk dasar
|
1
|
5, 6
|
|
Alat jahit
|
1
|
7
|
||
Bantal jarum
|
1
|
8
|
||
Cara mengukur
|
2
|
9, 13
|
||
Pola blus
|
1
|
1
|
||
Pola lengan
|
1
|
2
|
||
Pola rok
|
1
|
3
|
||
Pola kulot
|
1
|
4
|
||
VIII
|
Mengubah Pola
|
1
|
0
|
|
Cara menjahit
|
3
|
10, 11, 12
|
||
IX
|
Hantaran
|
10
|
14-23
|
|
JUMLAH
SOAL 23
|
||||
Materi
|
PRAKARYA
|
|||
15+8+2+2
|
||||
PENGOLAHAN
|
||||
Buah
|
VII = 4
|
2 =
|
||
Buah mjd makanan
|
1
|
|||
Hasil samping buah mjd olahan pangan
|
1
|
|||
Sayuran
|
2=
|
|||
Sayuran mjd olahan sayur
|
1
|
|||
Hasil samping sayur mjd olahan pangan
|
1
|
|||
Umbi, serealia dan kacang-kacangan
|
VIII = 5
|
|||
Mjd olahan pangan
|
1
|
|||
Mjd olahan setengah jadi
|
1
|
|||
Olahan setengah jadi mjd makanan
|
1
|
|||
Mjd makanan setempat
|
1
|
|||
Hasil samping mjd olahan pangan
|
1
|
|||
Peternakan dan perikanan
|
IX= 6
|
|||
Olahan pangan
|
2
|
|||
Olahan setengah jadi
|
1
|
|||
Setengah jadi menjadi olahan pangan
|
2
|
|||
Hasil samping mjd olahan pangan
|
1
|
|||
KERAJINAN
|
8
|
|||
Bahan alam
|
4
|
|||
Limbah Lunak dan keras
|
2
|
|||
Limbah Organik dan Anorganik
|
2
|
|||
REKAYASA
|
||||
BUDIDAYA
|
||||
KUNCI JAWABAN
1
|
C
|
11
|
B
|
21
|
A
|
31
|
D
|
41
|
A
|
2
|
A
|
12
|
C
|
22
|
B
|
32
|
C
|
42
|
B
|
3
|
D
|
13
|
D
|
23
|
D
|
33
|
B
|
43
|
A
|
4
|
C
|
14
|
B
|
24
|
A
|
34
|
C
|
44
|
C
|
5
|
B
|
15
|
A
|
25
|
D
|
35
|
D
|
45
|
D
|
6
|
D
|
16
|
D
|
26
|
C
|
36
|
A
|
46
|
A
|
7
|
C
|
17
|
B
|
27
|
A
|
37
|
C
|
47
|
B
|
8
|
A
|
18
|
C
|
28
|
B
|
38
|
B
|
48
|
C
|
9
|
B
|
19
|
D
|
29
|
C
|
39
|
A
|
49
|
D
|
10
|
D
|
20
|
B
|
30
|
B
|
40
|
D
|
50
|
C
|
PEDOMAN
PESKORAN
JUMLAH
SOAL 50
NILAI=
JUMLAH JAWABAN BENAR X 2 = 5 x 2 = 100
0 comments:
Post a Comment