INSTRUMEN
PENELITIAN
A. Pedoman
Pengumpulan Data / Arsip
1. Data
Kelembagaan Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo
No
|
Dokumen /
Arsip Lembaga
|
Ada
|
Tidak Ada
|
Ket
|
1
|
Sejarah berdirinya pondok pesantren
|
|
|
|
2
|
Denah lokasi pondok pesantren
|
|
|
|
3
|
Data program pokok pondok pesantren
|
|
|
|
4
|
Data jumlah guru di pondok pesantren
|
|
|
|
5
|
Data jumlah santri di pondok pesantren
|
|
|
|
6
|
Struktur organisasi pondok pesantren
|
|
|
|
7
|
Peraturan dan tata tertib di pondok
pesantren
|
|
|
|
8
|
AD/ART Yayasan
|
|
|
|
9
|
Brosur pondok pesantren
|
|
|
|
10
|
Struktur system pendidikan
|
|
|
|
11
|
Data ketenagaan
|
|
|
|
12
|
Sistem penerimaan siswa/santri
|
|
|
|
13
|
Penerimaan dan penjenjangan studi
|
|
|
|
14
|
Agenda kegiatan santri
|
|
|
|
15
|
Data prestasi santri
|
|
|
|
16
|
Struktur kurikulum pendidikan
|
|
|
|
17
|
Rencana induk program pendidikan
|
|
|
|
18
|
Struktur program pendidikan
|
|
|
|
19
|
Kalender ahademik tahunan
|
|
|
|
20
|
Program kerja tahunan
|
|
|
|
21
|
Jadwal kegiatan belajar mengajar
|
|
|
|
22
|
Data sarana dan prasarana
|
|
|
|
23
|
Data fasilitas pendukung KBM
|
|
|
|
24
|
Prosedur atau juklak pelaksanaan ujian
|
|
|
|
25
|
Jumlah/grafik lulusan atau alumni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Pedoman
Observasi / Hal-hal yang Akan Diamati
1. Observasi
di Lingkungan Pondok Pesantren
No
|
Aspek Pengamatan
|
Kriteria/ Hasil Pengamatan
|
Ket
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
|
||
1
|
Perencanaan
SDM pendidik
|
|
|
|
|
|
2
|
Rekrutmen
dan seleksi
|
|
|
|
|
|
3
|
Orientasi
dan penempatan
|
|
|
|
|
|
4
|
Pengembangan
karir
|
|
|
|
|
|
5
|
Pelatihan
dan pengembangan
|
|
|
|
|
|
6
|
Kompensasi
|
|
|
|
|
|
7
|
Penilaian
kerja
|
|
|
|
|
|
Keterangan
SB =
sangat baik
B =
baik
C =
cukup
D =
kurang
Pedoman Wawancara Untuk Pimpinan
Pondok
A.
Pertanyaan wawancara tentang Gambaran
Umum Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo
1. Kapan
Pondok Pesantren Nurul Haromain didirikan ?
2. Mengapa
diberi nama Pondok Pesantren Nurul Haromain ?
3. Bagaimana
sejarah berdirinya ?
4. Apa
visi dan misi Pondok Pesantren Nurul Haromain ?
5. Kurikulum
seperti apa yang diterapkan di Pondok Pesantren Nurul Haromain ?
6. Berapa
jumlah pengasuh atau pimpinan yang selama ini berperan mengembangkan Pondok
Pesantren Nurul Haromain ?
7. Berapa
jumlah ketenagaan/guru di Pondok Pesantren Nurul Haromain saat ini ?
8. Seperti
apa struktur organisasi dan manajemen yang diterapkan di Pondok Pesantren Nurul
Haromain?
9. Apa
saja lembaga pendidikan yang dikelola dan dikembangkan di Pondok Pesantren
Nurul Haromain ?
10. Apa
Orientasi dan falsafah serta motto Pondok Pesantren Nurul Haromain ?
PEDOMAN WAWANCARA
Pertanyaan rumusan masalah ke-1
1.
Bagaimana manajemen sumber daya manusia
(tenaga pendidik) dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Pondok Pesantren
Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
Pertanyaan wawancaranya:
Perencanaan
1.
Bagaimana proses perencanaan yang ada di
Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
2.
Siapa saja yang dilibatkan dalam
menyusun perencanaan yang ada di Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon
Progo?
3.
Berapa kali dalam setahun perencanaan
biasanya disusun?
4.
Kriteria apa saja yang dibutuhkan dalam
perencanaan tenaga pendidik dan kependidikan?
Rekrutmen
1.
Bagaimana proses rekrutmen tenaga
pendidik di Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
2.
Dari mana saja sumber rekrutmen yang
diperoleh?
3.
Metode apa saja yang dilakukan dalam
rekrutmen tenaga pendidik di Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon
Progo?
4.
Siapa saja yang menjadi tim rekrutmen di
Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
5.
Syarat apa saja yang diberikan kepada
calon tenaga pendidik dan kependidikan jika ingin mengajukan lamaran di Pondok
Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
Seleksi
1.
Bagaimana metode seleksi yang digunakan
di Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
2.
Apakah dibuat tim dalam proses penyeleksian
yang ada? Dan siapa saja yang termasuk dalam tim tersebut?
3.
Bagaimana tahapan dalam proses seleksi
yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
Orientasi
1.
Kapan saja orientasi dilakukan oleh
Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
2.
Aspek apa saja yang diorientasikan oleh
Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
3.
Bagaimana langkah-langkah yang dilakukan
dalam proses orientasi di Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
Penempatan
1.
Bagaimana metode penempatan yang
digunakan di Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
2.
Apakah dibuat tim dalam proses penempatan
yang ada? Dan siapa saja yang termasuk dalam tim tersebut?
3.
Bagaimana tahapan dalam proses
penempatan yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon
Progo?
Pengembangan Karir
1.
Bagaimana cara pengembangan karir yang
digunakan di Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
2.
Bagaimana tahapan dalam proses
pengembangan karir yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo
Kulon Progo?
3.
Bagaimana perencanaan dan pengelolaan
karir tenaga pendidik di Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
4.
Bagaimana tahapan-tahapan dalam karir
tenaga pendidik yang ada di Pondok
Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
5.
Apa saja yang dilakukan Pondok Pesantren
Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo dalam meningkatkan karir SDM yang ada?
Pelatihan dan pengembangan
1.
Bagaimana cara mengembangkan sumber daya
manusia yang ada di Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
2.
Biasanya apa saja yang menjadi fokus
pengembangan SDM yang ada di Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon
Progo?
3.
Apakah Pondok Pesantren Nurul Haromain
Sentolo Kulon Progo pernah melakukan pelatihan dalam rangka pengembangan SDM
yang ada?
4.
Apa saja bentuk pelatihan dan
pengembangan SDM yang dilakukan Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon
Progo?
5.
Bagaimana pengelolaan kegiatan pelatihan
dan pengembangan SDM di Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
6.
Bagaimana langkah-langkah dalam
melakukan pelatihan?
7.
Berapa kali dalam setahun Pondok
Pesantren Nurul Haromain melakukan pelatihan?
Karir dan Profesi
1.
Apakah profesi yang dijalani oleh para
tenaga pendidik di Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo sudah
sesuai dengan latar belakang pendidikannya?
2.
Apa yang dilakukan oleh Pondok Pesantren
Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo apabila ada ketidaksesuaian antara profesi
tenaga pendidik dengan latar belakang pendidikannya?
Penilaian Kinerja
1.
Bagaimana penilaian kinerja terhadap
para tenaga pendidik yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Nurul Haromain
Sentolo Kulon Progo?
2.
Bagaimanana mekanisme penilaian kinerja
di Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
Kompensasi
1.
Dalam bentuk apa saja kompensasi
diberikan oleh Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo kepada para
tenaga pendidik?
Pertanyaan rumusan masalah ke-2
2.
Apa saja faktor pendukung dan penghambat
pelaksanaan manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pendidikan di
Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
Pertanyaan wawancaranya:
1.
Faktor apa saja yang menjadi pendukung
pelaksanaan manajemen sumber daya manusia dalam upaya meningkatkan mutu
pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
2.
Faktor apa saja yang menjadi penghambat
pelaksanaan manajemen sumber daya manusia dalam upaya meningkatkan mutu
pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
Pertanyaan rumusan masalah ke-3
3.
Bagaimana usaha yang dilakukan dalam
mengatasi faktor hambatan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Pondok
Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
4.
Apakah ada strategi jitu khusus dalam
mengatasi faktor hambatan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Pondok
Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
Hubungan dengan mutu pendidikan pondok
pesantren
3.
Bagaimana pola pengembangan manajemen
sumber daya manusia dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Pondok
Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
Pertanyaan Wawancaranya:
a.
Bagaimana pengembangan manajemen sumber
daya manusia yang ada di Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon Progo?
b.
Pola apa saja yang dilakukan dalam
meningkatkan mutu pendidikan?
c.
Kegiatan apa saja yang dilakukan dalam
meningkatkan mutu pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo Kulon
Progo?
0 comments:
Post a Comment