Pages

Subscribe:

Thursday, December 7, 2017

Soal PAS Ganjil Mata Pelajaran Prakarya kelas VII MTs N 3 Kulon Progo Alamat : Donomulyo, Nanggulan, KP, DIY, Indonesia



KEMENTERIAN AGAMA
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KULON PROGO
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Mata Pelajaran  : Prakarya                                          Hari/Tanggal  : Sabtu, 2 Desember 2017
Kelas                 : VII                                                  Waktu/Jam     : 07.30 – 09.00 (90 menit)
________________________________________________________________________________

A.      Pilihlah jawaban yang paling tepat !

1.      Berikut merupakan cara yang salah dalam menangani buah sehingga dapat merusak atau menghilangkan gizi dalam makanan….
a.     Dipotong-potong baru dicuci
b.    Dicuci baru dipotong-potong
c.     Dihidangkan segera
d.    Direbus tidak terlalu lama

2.        Bahan makanan berikut yang biasa dikonsumsi mentah atau tanpa pengolahan adalah….
a.     Sayuran
b.    Lauk pauk
c.     Buah-buahan
d.    Sereal

3.        Kegunaan dari kemasan untuk kerajian dan pengolahan, yaitu kecuali
a.     Melindungi                  c.  Memasarkan
b.    Memperindah              d.  Memahalkan

4.        Bahan untuk rintang warna pada proses pembuatan batik adalah berupa
a.         Karet             c.  Tali
b.        Malam           d.  Kayu

5.      Pakaian wanita sering kali diberi hiasan berupa motif-motif indah dengan bentuk bunga, geometris dan lain-lain. Teknik penghiasan  tekstil dengan jahitan tangan disebut
a.         Batik             c.  Bordir
b.        Aplikasi         d.  Sulam

6.        Bahan-bahan dibawah ini yang termasuk bahan serat adalah
a.    Kapas dan kepompong ular sutera c.  Kepompong dan kulit kambing
b.    Pandan dan kayu                            d.  Kapuk dan tanah liat

7.        Ada dua jenis asal bahan serat alam yaitu ..
a.    Batang dan daun                c.  Tumbuhan dan hewan
b.    Biji dan buah                      d.  Sintetis dan hewan

8.        Buah sangat bermanfaat untuk membangun daya tahan tubuh, karena buah banyak mengandung
a.    Vitamin, mineral dan air
b.    Vitamin, mineral dan karbohidrat
c.    Protein, lemak dan air
d.   Protein, lemak dan vitamin

9.         Minuman yang cara pengolahan (resep/ramuan/campuran) didapat secara turun-temurun dan berdasarkan resep nenek moyang dan adat istiadat masyarakat setempat bahannya banyak berasal dari rerempahan dan aneka daun serta tumbuh-tumbuhan dari alam sekitar disebut
a.    Minuman sehat
b.    Minuman segar
c.    Minuman tradisional
d.   Minuman dingin

10.         Salah satu produk olahan buah menjadi minuman adalah … ..
a.         Dawet
b.        Sup buah
c.         Manisan buah
d.        Asinan buah

Perhatikan gambar pola dasar blus dibawah ini untuk menjawab soal no 11 -  25                                                        
     
11.     Description: scan0014Berapa panjang garis D – D1 muka...
a.         6                         c. 5
b.        7                         d. 8

12.     Berapa panjang garis A-D blkg...
a.         8                         c. 5
b.        4                         d. 2

13.     Lipi = 44
       Berapa panjang garis B - B1 muka...
a.    15                         c. 16
b.    14                         d. 21

14.     Liba = 80
       Berapa panjang garis C - C1 blkng...
a.    20                         c. 21
b.    19                         d. 22

15.     Diketahui panjang garis C - C1muka = 32 berapa panjang garis C – C1 blkg.....
a.         30                       c. 28
b.    31                       d. 25
     
16.         Berapa panjang garis A – A1muka/belakang  ...
a.         5                         c. 6
b.        4                         d. 8

17.    Berapa panjang garis A-D muka...
a.         3                         c. 5
b.        4                         d. 7

18.    Berapa panjang garis F - F3 / tinggi kupnat ...
a.         10                       c. 5
b.        7                         d. 3

19.    Rumus B – B1 belakang adalah ...
a.         ¼ Liba + 1                     c. ¼ Lipi + 3 + 1
b.        ¼ Liba  -  1        d. ¼ Lipi + 3 – 1

Text Box: GAMBAR POLA DASAR BLUS

                                                               
20.  Rumus C – C1 belakang adalah ...
a.         Description: scan0014¼ Liba + 1   c. ¼ Lipi + 3 + 1
b.         ¼ Liba  - 1   d. ¼ Lipi + 3 - 1

21.  Titik F adalah ukuran dari...
a.         ½ (C – C1)  c. ½ (B – B1)
b.         ¼ Lipi + 1   d. ¼ Lipi - 1

22.  Rumus B – B1 muka adalah ...
a.              ¼ Liba + 1                     c. ¼ Lipi + 3 + 1
b.             ¼ Liba  -  1        d. ¼ Lipi + 3 - 1

23.  Panjang Kele = 44 berapa panjang garis E2 – Q adalah ...
a.         16                c. 19
b.         18                d. 20

24.  Garis yang menggunakan ukuran Panjang Bahu ( Paba ) adalah...
a.    A1 – E                   
b.    D1 – D2                  d. D – D1

25.  Berapa panjang garis E - E1 muka/blkng...
a.              2                      c. 5
b.             4                      d. 7

26.  Mengambil ukuran dengan tepat dan teliti sangat diperlukan dalam pembuatan pola.
      Mengukur dari leher belakang turun sampe garis pinggang adalah ukuran ...
              a. Paba                      c. Kele
              b. Liba                       d. Papu

27.  Cara mengukur dari lekuk leher muka turun 5 cm dari titik ini diukur mendatar dari kerung lengan kanan ke kiri adalah ukuran  ...
a.         LIPI            c. LIPA
b.         LEKA         d. TIPA

28.  Dibawah ini cara mengukur lingkar badan yang tepat adalah  ...
a.    Diukur sekeliling badan terbesar + 4 jari
b.    Diukur sekeliling badan terbesar + 3 jari               
c.    Diukur sekeliling badan terbesar + 2 jari
d.   Diukur sekeliling badan terbesar + 1 jari   

29.  Ada berapa macam ukuran untuk pembuatan pola dasar blus yaitu...
a.         4                  c. 12
b.         8                  d. 10

30.  Alat menjahit yang digunakan untuk membuat tanda pola pada kain dengan bantuan kertas  karbon dan alas karton adalah ...
a.    Pita ukuran             c. Rader
b.    Penggaris pola        d. Spul

31.  Untuk membedakan macam-macam garis pada pembuatan pola dasar ukuran skala 1:4 ada 3 warna pada garis yang digunakan yaitu  ...
a.    Biru, merah dan kuning      c. Merah, biru, dan coklat
b.    Biru, merah, dan hitam       d. Abu-abu , merah dan biru
32.  Alat jahit pada mesin jahit manual sebagai tempat menggulung benang yang kemudian dimasukkan skoci bernama ...
a. Kumparan/spul        c. Benang jahit
b. jarum mesin            d. Pendedel

33.  Kapur jahit, digunakan untuk memberi batas/tanda pemotongan pada …
a.    Karbon                    c. Buku Kostum
b.    Kertas pola            d. Bahan/kain  Bahan/kain     

34.  Tusuk jelujur dapat digunakan untuk..
a.    Menjahit kelim baju            c. Membuat kerutan
b.    Menyambung kain              d. Menjahit ujung rok/celana/blus

35.  Apa nama tusuk dengan gambar dibawah ini ....
a.       Tusuk flanel
b.      Tusuk feston
c.       Tusuk kelim
d.      Tusuk Jelujur

36.  Apa nama tusuk dengan gambar dibawah ini

a.       Tusuk flanel
b.      Tusuk feston
c.       Tusuk kelim
d.      Tusuk tikam jejak

37.  Tusuk yang juga disebut tusuk maju mundur dan berguna sebagai pengganti tusuk mesin jahit adalah
a.         T.Jelujur                       c. T.Tikam jejak
b.         T.Flanel                       d. T.Feston

38.  Apa nama tusuk dengan gambar dibawah ini
a.       Tusuk flanel
b.      Tusuk feston
c.       Tusuk kelim
d.      Tusuk tikam jejak

39.  Tusuk yang banyak digunakan untuk membuat bantal jarum bentuk jam tangan adalah ..
a. . T. Jelujur          c. T .Kelim
b. T. Flanel              d T. Feston

40.  Bahan yang digunakan sebagai pengisi bantal jarum bernama .....
a.       Rader
b.      Dakron
c.       Renda
d.      Spul
B.       Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas !
1.         Jelaskan bagaimana cara mengukur kele ?
2.         Bila diketahui Lingkar Badan ( Liba ) = 92 cm dan Lingkar Pinggang ( Lipi ) = 88 cm, hitunglah panjang garis C – C1 muka dan C – C1 blkng ?
 (Untuk soal pola lihatlah gambar pola dasar blus di hal depan)
3.         Apa fungsi dari tusuk kelim dan gambarkan tusuknya ?
4.      Apa yang kamu ketahui tentang proses batik, jelaskan prosesnya ?
5.         Tugas kelompok pengolahan buah kemarin membuat apa? dan bagaimana prosedur pengolahannya ?
KEMENTERIAN AGAMA
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KULON PROGO
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Mata Pelajaran  : Prakarya                                          Hari/Tanggal  : Sabtu, 2 Desember 2017
Kelas                 : VII                                                  Waktu/Jam     : 07.30 – 09.00 (90 menit)
________________________________________________________________________________

KUNCI JAWABAN
A.    SOAL PILIHAN GANDA
1
A
11
C
21
C
31
B
2
C
12
D
22
B
32
A
3
D
13
A
23
D
33
D
4
B
14
B
24
A
34
C
5
D
15
A
25
B
35
A
6
A
16
C
26
D
36
B
7
C
17
D
27
B
37
C
8
A
18
A
28
A
38
D
9
C
19
D
29
B
39
A
10
B
20
B
30
C
40
B
B.     ESAI
1.      Kele = Diukur sekeliling lengan ditambah 4 jari.
                      = ujung bahu kedepan, melalui ketiak kebelakang keatas ditambah kelonggaran 4 jari.
2.      Diket Liba = 92, Lipi = 88.
              C-C1 muka = ¼ x liba + 1= ¼ x 92 + 1=23+1=24
             C-C1 blkg   = C-C1 muka – 2 =  24 - 2 = 22
3.      Fungsi tusuk kelim adalah untuk menyelesaikan ujung blus, rok, celana dll, menyelesaikan kampuh pada busana yang menggunakan kain transparan (kebaya dll). Gambarnya .  .   .  . 
4.      Batik : pewarnaan kain dengan penghalang warna berupa malam yang dilukiskan pada kain yang telah dipola dengan pensil, diberi malam dengan canting secara manual dengan tangan satu, persatu. Diwarna sesuai rencana, ditutup warna yang diinginkan dengan malam lagi agar tidak tercampur dengan pewarnaan lain, sehingga pewarnaan sesuai dengan yang diinginkan (direncanakan dlm desain awal). Setelah proses pewarnaan selesai hingga penguncian warna kemudian dilorod atau dihilangkan malamnya dengan cara kain direbus pada air mendidih hingga semua malam yang menempel hilang ( digosok, disikat dsb). Uniknya batik pada pewarnaannya. Semakin warna yang ingin dihasilkan lebih banyak warna maka proses pewarnaannya juga semakin rumit dan lama.
5.      Aneka jawaban sesuai pengalaman penjawab soal. Contohnya jus jambu, mangga, jus alpukat, dll

C.    Skor penilaian

40 soal pilihan ganda x 2 = 80
5   soal esai                 x  4 = 20 total 100. 


 ( mohon maaf foto belum masuk, semoga bermanfaat)

Optimalkan fungsi MGMP untuk membuat sebuah pengalaman kita menghadapi peserta didik saat melaksanakan kurikulum 2013 ini. Untuk berdiskusi bagaimana praktek yang terbaik untuk anak sesuai lokasi daerah dan fasilitas sekolah. Sungguh 3 tahun mencoba belajar mengaplikasikan praktek idealnya sebuah pendidikan karakter bermuatan lokal untuk materi prakarya sangat mengagumkan. banyak mimpi dalam benak saya untuk peserta didik. Mimpi-mimpi saya ini sementara baru biaa tercurah pada peserta didik saya agar mereka mampu melanjutkan pemikiran saya setiap detilknya. love u all.

0 comments:

Post a Comment