KEMENTERIAN
AGAMA
MADRASAH
TSANAWIYAH NEGERI 3 KULON PROGO
PENILAIAN AKHIR
SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN
2017/2018
Mata
Pelajaran : Prakarya Hari/Tanggal
: Sabtu, 2 Desember 2017
Kelas
: VII Waktu/Jam : 07.30 – 09.00 (90 menit)
________________________________________________________________________________
A.
Pilihlah
jawaban yang paling tepat !
1.
Berikut
merupakan cara yang salah dalam menangani buah
sehingga dapat merusak atau
menghilangkan gizi dalam makanan….
a.
Dipotong-potong
baru dicuci
b.
Dicuci
baru dipotong-potong
c.
Dihidangkan
segera
d.
Direbus
tidak terlalu lama
2.
Bahan
makanan berikut yang biasa dikonsumsi mentah atau tanpa pengolahan adalah….
a.
Sayuran
b.
Lauk
pauk
c.
Buah-buahan
d.
Sereal
3.
Kegunaan
dari kemasan untuk kerajian dan pengolahan, yaitu kecuali
a.
Melindungi
c. Memasarkan
b.
Memperindah d. Memahalkan
4.
Bahan
untuk rintang warna pada proses pembuatan batik adalah berupa
a.
Karet c.
Tali
b.
Malam d. Kayu
5.
Pakaian
wanita sering kali diberi hiasan berupa motif-motif indah dengan bentuk bunga,
geometris dan lain-lain. Teknik penghiasan
tekstil dengan jahitan tangan disebut
a.
Batik c.
Bordir
b.
Aplikasi d.
Sulam
6.
Bahan-bahan
dibawah ini yang termasuk bahan serat adalah
a.
Kapas
dan kepompong ular sutera c. Kepompong dan kulit kambing
b.
Pandan
dan kayu d. Kapuk dan tanah liat
7.
Ada
dua jenis asal bahan serat alam yaitu ..
a.
Batang
dan daun c. Tumbuhan dan hewan
b.
Biji
dan buah d. Sintetis dan hewan
8.
Buah sangat bermanfaat untuk membangun daya tahan
tubuh, karena buah banyak mengandung
a.
Vitamin, mineral
dan air
b.
Vitamin, mineral
dan karbohidrat
c.
Protein, lemak
dan air
d.
Protein, lemak
dan vitamin
9.
Minuman yang
cara pengolahan (resep/ramuan/campuran) didapat secara turun-temurun dan
berdasarkan resep nenek moyang dan adat istiadat masyarakat setempat bahannya
banyak berasal dari rerempahan dan aneka daun serta tumbuh-tumbuhan dari alam
sekitar disebut
a. Minuman sehat
b. Minuman segar
c. Minuman tradisional
d. Minuman dingin
10.
Salah satu
produk olahan buah menjadi minuman adalah … ..
a.
Dawet
b.
Sup
buah
c.
Manisan buah
d.
Asinan
buah
Perhatikan gambar pola dasar blus dibawah ini untuk
menjawab soal no 11 - 25
11.
Berapa panjang
garis D – D1 muka...

a.
6 c. 5
b.
7 d. 8
12.
Berapa
panjang garis A-D blkg...
a.
8 c.
5
b.
4 d.
2
13.
Lipi = 44
Berapa panjang garis B - B1
muka...
a.
15 c. 16
b.
14 d. 21
14.
Liba = 80
Berapa
panjang garis C - C1
blkng...
a.
20 c. 21
b.
19 d. 22
15.
Diketahui
panjang garis C - C1muka = 32 berapa
panjang garis C – C1 blkg.....
a.
30 c.
28
b. 31 d.
25
16.
Berapa
panjang garis A – A1muka/belakang ...
a.
5 c. 6
b.
4 d. 8
17.
Berapa
panjang garis A-D muka...
a.
3 c. 5
b.
4 d.
7
18.
Berapa
panjang garis F - F3 / tinggi kupnat ...
a.
10 c. 5
b.
7 d.
3
19.
Rumus
B – B1 belakang adalah ...
a.
¼
Liba + 1 c. ¼ Lipi + 3
+ 1
b.
¼
Liba -
1 d. ¼ Lipi + 3 – 1

20.
Rumus
C – C1 belakang adalah ...
a.
¼ Liba + 1 c. ¼ Lipi + 3 + 1

b.
¼
Liba - 1 d.
¼ Lipi + 3 - 1
21.
Titik
F adalah ukuran dari...
a.
½
(C – C1) c. ½ (B – B1)
b.
¼
Lipi + 1 d. ¼ Lipi - 1
22.
Rumus
B – B1 muka adalah ...
a.
¼
Liba + 1 c. ¼ Lipi + 3 + 1
b.
¼
Liba -
1 d. ¼ Lipi + 3 - 1
23.
Panjang
Kele = 44 berapa panjang garis E2 – Q adalah ...
a.
16 c. 19
b.
18 d. 20
24.
Garis
yang menggunakan ukuran Panjang Bahu ( Paba ) adalah...
a.
A1
– E
b.
D1
– D2 d. D – D1
25.
Berapa
panjang garis E - E1 muka/blkng...
a.
2 c. 5
b.
4 d. 7
26.
Mengambil
ukuran dengan tepat dan teliti sangat diperlukan dalam pembuatan pola.
Mengukur dari leher belakang turun sampe
garis pinggang adalah ukuran ...
a. Paba c. Kele
b. Liba d. Papu
27.
Cara
mengukur dari lekuk leher muka turun 5 cm dari titik ini diukur mendatar dari kerung
lengan kanan ke kiri adalah ukuran ...
a.
LIPI c. LIPA
b.
LEKA d. TIPA
28.
Dibawah
ini cara mengukur lingkar badan yang tepat adalah ...
a.
Diukur
sekeliling badan terbesar + 4 jari
b.
Diukur
sekeliling badan terbesar + 3 jari
c.
Diukur
sekeliling badan terbesar + 2 jari
d.
Diukur
sekeliling badan terbesar + 1 jari
29.
Ada berapa macam ukuran untuk pembuatan pola
dasar blus yaitu...
a.
4 c.
12
b.
8 d.
10
30.
Alat
menjahit yang digunakan untuk membuat tanda pola pada kain dengan bantuan
kertas karbon dan alas karton adalah ...
a.
Pita
ukuran c. Rader
b.
Penggaris
pola d. Spul
31.
Untuk
membedakan macam-macam garis pada pembuatan pola dasar ukuran skala 1:4 ada 3
warna pada garis yang digunakan yaitu
...
a.
Biru,
merah dan kuning c. Merah, biru, dan
coklat
b.
Biru,
merah, dan hitam d. Abu-abu , merah
dan biru
32.
Alat jahit pada mesin jahit manual sebagai
tempat menggulung benang yang kemudian dimasukkan skoci bernama ...
a.
Kumparan/spul c. Benang jahit
b.
jarum mesin d. Pendedel
33.
Kapur jahit, digunakan untuk memberi
batas/tanda pemotongan pada …
a.
Karbon c.
Buku Kostum
b.
Kertas pola
d. Bahan/kain Bahan/kain
34.
Tusuk jelujur dapat digunakan untuk..
a.
Menjahit kelim baju c.
Membuat kerutan
b.
Menyambung kain d. Menjahit ujung rok/celana/blus
35.
Apa nama tusuk dengan gambar dibawah ini
....

a.
Tusuk
flanel
b.
Tusuk
feston
c.
Tusuk
kelim
d.
Tusuk
Jelujur
36.
Apa
nama tusuk dengan gambar dibawah ini
a.
Tusuk flanel

b.
Tusuk
feston
c.
Tusuk
kelim
d.
Tusuk
tikam jejak
37.
Tusuk yang juga disebut tusuk maju mundur dan
berguna sebagai pengganti tusuk mesin jahit adalah
a.
T.Jelujur c.
T.Tikam jejak
b.
T.Flanel d.
T.Feston
38.
Apa
nama tusuk dengan gambar dibawah ini
a.
Tusuk flanel

b.
Tusuk
feston
c.
Tusuk
kelim
d.
Tusuk
tikam jejak
39.
Tusuk yang banyak digunakan untuk membuat
bantal jarum bentuk jam tangan adalah ..
a. . T.
Jelujur c. T .Kelim
b. T.
Flanel d T. Feston
40.
Bahan
yang digunakan sebagai pengisi bantal jarum bernama .....
a.
Rader
b.
Dakron
c.
Renda
d.
Spul
B.
Jawablah
pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas !
1.
Jelaskan
bagaimana cara mengukur kele ?
2.
Bila
diketahui Lingkar Badan ( Liba ) = 92 cm dan Lingkar Pinggang ( Lipi ) = 88 cm,
hitunglah panjang garis C – C1 muka dan C – C1 blkng ?
(Untuk soal pola lihatlah gambar pola dasar
blus di hal depan)
3.
Apa
fungsi dari tusuk kelim dan gambarkan tusuknya ?
4. Apa yang kamu ketahui tentang proses batik,
jelaskan prosesnya ?
5.
Tugas
kelompok pengolahan buah kemarin membuat apa? dan bagaimana prosedur
pengolahannya ?
KEMENTERIAN
AGAMA
MADRASAH
TSANAWIYAH NEGERI 3 KULON PROGO
PENILAIAN AKHIR
SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN
2017/2018
Mata
Pelajaran : Prakarya Hari/Tanggal
: Sabtu, 2 Desember 2017
Kelas
: VII Waktu/Jam : 07.30 – 09.00 (90 menit)
________________________________________________________________________________
KUNCI JAWABAN
A. SOAL
PILIHAN GANDA
1
|
A
|
11
|
C
|
21
|
C
|
31
|
B
|
2
|
C
|
12
|
D
|
22
|
B
|
32
|
A
|
3
|
D
|
13
|
A
|
23
|
D
|
33
|
D
|
4
|
B
|
14
|
B
|
24
|
A
|
34
|
C
|
5
|
D
|
15
|
A
|
25
|
B
|
35
|
A
|
6
|
A
|
16
|
C
|
26
|
D
|
36
|
B
|
7
|
C
|
17
|
D
|
27
|
B
|
37
|
C
|
8
|
A
|
18
|
A
|
28
|
A
|
38
|
D
|
9
|
C
|
19
|
D
|
29
|
B
|
39
|
A
|
10
|
B
|
20
|
B
|
30
|
C
|
40
|
B
|
B.
ESAI
1. Kele
= Diukur sekeliling lengan ditambah 4 jari.
= ujung bahu kedepan,
melalui ketiak kebelakang keatas ditambah kelonggaran 4 jari.
2. Diket
Liba = 92, Lipi = 88.
C-C1 muka = ¼ x liba + 1= ¼ x 92
+ 1=23+1=24
C-C1 blkg
= C-C1 muka – 2 = 24 - 2 = 22
3. Fungsi
tusuk kelim adalah untuk menyelesaikan ujung blus, rok, celana dll,
menyelesaikan kampuh pada busana yang menggunakan kain transparan (kebaya dll).
Gambarnya . . .
.
4. Batik
: pewarnaan kain dengan penghalang warna berupa malam yang dilukiskan pada kain
yang telah dipola dengan pensil, diberi malam dengan canting secara manual
dengan tangan satu, persatu. Diwarna sesuai rencana, ditutup warna yang
diinginkan dengan malam lagi agar tidak tercampur dengan pewarnaan lain,
sehingga pewarnaan sesuai dengan yang diinginkan (direncanakan dlm desain awal).
Setelah proses pewarnaan selesai hingga penguncian warna kemudian dilorod atau
dihilangkan malamnya dengan cara kain direbus pada air mendidih hingga semua
malam yang menempel hilang ( digosok, disikat dsb). Uniknya batik pada
pewarnaannya. Semakin warna yang ingin dihasilkan lebih banyak warna maka proses
pewarnaannya juga semakin rumit dan lama.
5. Aneka
jawaban sesuai pengalaman penjawab soal. Contohnya jus jambu, mangga, jus
alpukat, dll
C. Skor
penilaian
40 soal pilihan ganda x 2 = 80
5
soal esai x 4
= 20 total 100.
( mohon maaf foto belum masuk, semoga bermanfaat)
Optimalkan fungsi MGMP untuk membuat sebuah pengalaman kita menghadapi peserta didik saat melaksanakan kurikulum 2013 ini. Untuk berdiskusi bagaimana praktek yang terbaik untuk anak sesuai lokasi daerah dan fasilitas sekolah. Sungguh 3 tahun mencoba belajar mengaplikasikan praktek idealnya sebuah pendidikan karakter bermuatan lokal untuk materi prakarya sangat mengagumkan. banyak mimpi dalam benak saya untuk peserta didik. Mimpi-mimpi saya ini sementara baru biaa tercurah pada peserta didik saya agar mereka mampu melanjutkan pemikiran saya setiap detilknya. love u all.
0 comments:
Post a Comment