Pages

Subscribe:

Sunday, August 7, 2016

Penghitungan PAK baru


CONTOH :



LAMPIRAN  I : PERATURAN BERSAMA 

DAFTAR USUL 




MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
PENETAPAN ANGKA KREDIT GURU

DAN KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA









NOMOR   : 03/V/PB/2010









NOMOR     : 14 Tahun 2010









TANGGAL : 6 Mei 2010




























DAFTAR USUL 
PENETAPAN ANGKA KREDIT GURU






                   NOMOR :189/MTs.12.03/KP.07/06/2016


















Instansi : MTs Negeri Donomulyo Masa penilaian Bulan : Januari 2014 .s.d. juni 2016















NO KETERANGAN PERORANGAN 
1 N a m a           Rini Dwi Hastuti, S.Pd.T
2 N I P           19810922 200901 2 007
3 NUPTK       1254759660220003
4 Nomor Seri Kartu Pegawai             P 587453/517/KR.I/2011
5 Tempat dan Tanggal Lahir             Ogan Komering Ilir, Sum-Sel, 22 September 1981
6 Jenis Kelamin           Perempuan
7 Pendidikan yang diperhitungkan Angka Kreditnya   S1
8 Pangkat/Golongan Ruang/TMT   Penata Muda Tk.I / III b / 1 April 2013
9 Jabatan            Guru Pertama
10 Masa Kerja Golongan  Lama 4 tahun 3 bulan         
Baru 7 tahun 8 bulan        
11 Jenis Guru         Mata Pelajaran 
12 Unit Kerja         MTs Negeri Donomulyo




























UNSUR YANG DINILAI
NO UNSUR, SUB UNSUR DAN BUTIR KEGIATAN ANGKA KREDIT MENURUT
INSTANSI PENGUSUL TIM PENILAI
LAMA BARU JUMLAH LAMA BARU JUMLAH
1 2 3 4 5 6 7 8
I UNSUR UTAMA                  
  1 PENDIDIKAN                
    A. Mengikuti pendidikan dan memperoleh gelar/ijazah/akta            
      1, Doktor (S-3)            
      2, Magister (S-2)            
      3, Sarjana (S-1)/Diploma IV 100   100      
    B. Mengikuti pelatihan prajabatan            
   
- Pelatihan prajabatan fungsional bagi guru calon pegawai negeri sipil/program induksi            
  2 PEMBELAJARAN/BIMBINGAN DAN TUGAS TERTENTU                      
    A. Melaksanakan proses pembelajaran             
      - Merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi dan menilai hasil pembelajaran, menganalisis hasil pembelajaran, melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian   45,567 64,243 109,81      
    B. Melaksanakan proses bimbingan  
       
      - Merencanakan dan melaksanakan pembimbingan, mengevaluasi dan menilai hasil bimbingan, menganalisis hasil bimbingan, melaksanakan tindak lanjut hasil pembimbingan              
























































                           














UNSUR YANG DINILAI
NO UNSUR, SUB UNSUR DAN BUTIR KEGIATAN ANGKA KREDIT MENURUT
INSTANSI PENGUSUL TIM PENILAI
LAMA BARU JUMLAH LAMA BARU JUMLAH
1 2 3 4 5 6 7 8
    C. Melaksanakan tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah            
      1 Menjadi Kepala Sekolah/Madrasah per tahun            
      2, Menjadi Wakil Kepala Sekolah/Madrasah per tahun            
      3 Menjadi ketua program keahlian/program studi atau yang sejenisnya    0,48 0,48      
      4 Menjadi kepala perpustakaan              
      5, Menjadi kepala laboratorium, bengkel, unit produksi atau yang sejenisnya            
      6 Menjadi pembimbing khusus pada satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan inklusi, pendidikan terpadu atau yang sejenisnya.            
 
  7 Menjadi wali kelas   0,48 0,48      
 
  8, Menyusun kurikulum pada satuan pendidikannya            
 
  9, Menjadi pengawas penilaian dan evaluasi terhadap  proses dan hasil belajar.   1,15 1,15      
 
  10, Membimbing guru pemula dalam program induksi            
 
  11, Membimbing siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler   1,15 1,15      
 
  12, Menjadi pembimbing pada penyusunan publikasi ilmiah dan karya inovatif            
 
  13, Melaksanakan pembimbingan pada kelas yang menjadi tanggungjawabnya (khusus Guru Kelas)            
    JUMLAH   71,503 218,07      
  3 PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN 4   4      
    A. Melaksanakan pengembangan diri            
 
  1, Mengikuti diklat fungsional            
        a. Lamanya lebih dari 960 jam              
        b. Lamanya antara 641 s.d  960 jam            
        c. Lamanya antara 481 s.d  640 jam              
        d. Lamanya antara 181 s.d  480 jam              
        e. Lamanya antara 81 s.d  180 jam              
        f. Lamanya antara 30 s.d  80 jam     2 2      
      2, Kegiatan kolektif guru yang meningkatkan kompetensi dan/atau keprofesian guru            
        a. Lokakarya atau kegiatan bersama (seperti kelompok kerja guru) untuk penyusunan perangkat kurikulum dan atau pembelajaran             
        b. Keikutsertaan pada kegiatan ilmiah (seminar, kologium dan diskusi panel)            
          1) Menjadi pembahas pada kegiatan ilmiah            
          2) Menjadi peserta pada kegiatan ilmiah   0,3 0,3      
        c. Kegiatan kolektif lainnya yang sesuai dengan tugas dan kewajiban guru            
      JUMLAH    2,3        

















                     



                     



                     



                     



                     
                           


































































































UNSUR YANG DINILAI
NO UNSUR, SUB UNSUR DAN BUTIR KEGIATAN ANGKA KREDIT MENURUT
INSTANSI PENGUSUL TIM PENILAI
LAMA BARU JUMLAH LAMA BARU JUMLAH
1 2 3 4 5 6 7 8
    B. Melaksanakan publikasi ilmiah            
      1, Presentasi pada forum ilmiah            
        a. Menjadi pemrasaran/nara sumber pada seminar atau lokakarya ilmiah            
        b. Menjadi pemrasaran/nara sumber pada koloqium atau diskusi ilmiah            
 
  2. Melaksanakan publikasi Ilmiah  hasil penelitian atau gagasan ilmu pada bidang pendidikan formal            
 
    a. Membuat karya tulis berupa  laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam bentuk buku ber ISBN dan diedarkan secara nasional atau telah lulus dari penilaian BSNP.            
 
    b. Membuat karya tulis berupa  laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat nasional yang terakreditasi.            
 
    c. Membuat karya tulis berupa  laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat provinsi.            
 
    d. Membuat karya tulis berupa  laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah ilmiah tingkat kabupaten/ kota.            
 
    e. Membuat karya tulis berupa  laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolahnya, diseminarkan di sekolahnya, disimpan di perpustakaan.   4 4      
 
    f. Membuat makalah  berupa  tinjauan  ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya, tidak diterbitkan,  disimpan di perpustakaan.            
 
    g. Membuat Tulisan Ilmiah Populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya.            
 
      1) Membuat Artikel Ilmiah Populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya dimuat di media masa tingkat nasional            
 
      2) Membuat Artikel Ilmiah Populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya dimuat di media masa tingkat provinsi (koran daerah).   6 6      
 
    h. Membuat  Artikel Ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya.            
 
      1) Membuat  Artikel Ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya dan dimuat di jurnal tingkat nasional yang terakreditasi            
 
      2) Membuat  Artikel Ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya dan dimuat di jurnal tingkat nasional yang tidak terakreditasi/ tingkat provinsi.            






               






               






               
                           










































UNSUR YANG DINILAI
NO UNSUR, SUB UNSUR DAN BUTIR KEGIATAN ANGKA KREDIT MENURUT
INSTANSI PENGUSUL TIM PENILAI
LAMA BARU JUMLAH LAMA BARU JUMLAH
1 2 3 4 5 6 7 8
 
      3) Membuat Artikel Ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya dan dimuat di jurnal tingkat lokal (kabupaten/kota/ sekolah/madrasah dstnya).            
      3, Melaksanakan publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan, dan pedoman Guru:            
        a. Membuat buku pelajaran per tingkat/buku pendidikan per judul:            
          1) Buku  pelajaran yang lolos penilaian oleh BSNP            
          2) Buku  pelajaran yang dicetak oleh penerbit dan ber-ISBN            
 
      3) Buku pelajaran dicetak oleh penerbit  tetapi belum ber-ISBN.            
     
b. Membuat modul/diktat  pembelajaran per semester:            
          1) Digunakan di tingkat  Provinsi dengan pengesahan dari Dinas Pendidikan Provinsi.            
          2) Digunakan di tingkat  kota/kabupaten dengan pengesahan dari Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten.            
          3) Digunakan di tingkat sekolah/madrasah setempat            
        c. Membuat buku dalam bidang pendidikan:            
          1) Buku dalam bidang pendidikan  dicetak oleh penerbit  dan ber-ISBN.            
          2) Buku dalam bidang pendidikan dicetak oleh penerbit  tetapi  belum ber-ISBN.            
        d. Membuat karya hasil terjemahan yang dinyatakan oleh kepala sekolah/madrasah tiap karya.            
        e. Membuat buku pedoman guru   1,5 1,5      
    C. Melaksanakan karya inovatif            
      1, Menemukan teknologi tepatguna            
        a. Kategori Kompleks              
        b. Kategori Sederhana            
      2, Menemukan / menciptakan karya seni            
        a. Kategori kompleks            
        b. Kategori sederhana            
      3, Membuat/modifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum:            
        a. Membuat alat pelajaran:            
          1) Kategori kompleks            
          2) Kategori sederhana            
        b. Membuat alat peraga:            
          1) Kategori kompleks               
          2) Kategori sederhana             
        c. Membuat alat praktikum:            
          1) Kategori kompleks               
          2) Kategori sederhana             
      JUMLAH             
                           
 

                     
















































































































UNSUR YANG DINILAI
NO UNSUR, SUB UNSUR DAN BUTIR KEGIATAN ANGKA KREDIT MENURUT
INSTANSI PENGUSUL TIM PENILAI
LAMA BARU JUMLAH LAMA BARU JUMLAH
1 2 3 4 5 6 7 8
      4, Mengikuti Pengembangan Penyusunan Standar, Pedoman, Soal dan sejenisnya             
        a. Mengikuti Kegiatan  Penyusunan Standar/ Pedoman/ Soal dan sejenisnya pada tingkat nasional.             
        b. Mengikuti Kegiatan  Penyusunan Standar/ Pedoman/Soal dan sejenisnya pada tingkat provinsi.            
        JUMLAH             
JUMLAH UNSUR UTAMA  149,567 54,13 203,697      
II UNSUR PENUNJANG             
 
PENUNJANG TUGAS GURU 12,758          
 
A. Memperoleh gelar/ijazah yang tidak sesuai dengan bidang yang diampunya            
 
  1 Memperoleh gelar/ijazah yang tidak sesuai dengan bidang yang diampunya:            
 
    a Doktor (S-3)              
 
    b Pascasarjana (S-2)              
 
    c Sarjana (S-1) / Diploma IV              
 
B. Melaksanakan kegiatan yang mendukung tugas guru            
 
  1 Melaksanakan kegiatan yang mendukung tugas guru:            
 
    a Membimbing siswa dalam praktik kerja nyata / praktik industri / ekstrakurikuler dan yang sejenisnya   0,34 0,34      
 
    b Sebagai pengawas ujian penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar tingkat :             
 
      1) sekolah     0,16 0,16      
 
      2) nasional              
 
    c. Menjadi anggota organisasi profesi, sebagai:            
 
      1) Pengurus aktif              
          2) Anggota aktif     0,85 0,85      
        d. Menjadi anggota kegiatan kepramukaan, sebagai:            
          1) Pengurus aktif              
   
    2) Anggota aktif              
        e. Menjadi tim penilai angka kredit            
        f. Menjadi tutor/pelatih/instruktur            
    C. Perolehan penghargaan/tanda jasa            
   
1, Memperoleh Penghargaan/tanda jasa Satya Lancana Karya Satya            
   
  a.  30 (tiga puluh) tahun            
   
  b.  20 (dua puluh) tahun            
   
  c.  10 (sepuluh) tahun             
      2, Memperoleh Penghargaan/tanda jasa            
JUMLAH UNSUR PENUNJANG 12,758 1,35 14,108      
JUMLAH UNSUR UTAMA DAN UNSUR PENUNJANG  162,325 55,48 217,805      




























III LAMPIRAN PENDUKUNG DUPAK              
     




 



 
  1 Surat Pernyataan melakukan kegiatan pembelajaran/pembimbingan dan tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah



 
  2 Surat Pernyataan melakukan kegiatan pengembangan  keprofesian berkelanjutan



 
  3 Surat Pernyataan melakukan kegiatan penunjang tugas guru   



 
      




 



 
 






 



 
 






 



 
     
                   
IV CATATAN PEJABAT PENGUSUL              
  1 ………………..  



 



 
  2 ………………..

 



 
  3 …………………

 



 
  4 dan seterusnya

 



 
 






 
Donomulyo, 30 Juni 2016  
 






 
Kepala Sekolah/Madrasah  
 






 



 
 






 



 
 






 



 
 






 
Dra. Siti Muslimah, M.Pd  
 






 
NIP. 19671118 199303 2 002

 
     
                   
V CATATAN ANGGOTA TIM PENILAI              
  1 ………………..  



 



 
  2 ………………..

 



 
  3 …………………

 



 
  4 dan seterusnya

 
………………………………  
 






 
Penilai 1
 
 






 



 
 






 



 
 






 
   
 






 
NIP : 

 
 






 



 
 






 



 
 






 
............................................  
 






 
Penilai 2
 
 






 



 
 






 



 
 






 
   
 






 
NIP :

 
     
                   
VI CATATAN KETUA TIM PENILAI              
  1 ………………..  



 



 
  2 ………………..

 
……………………………….  
  3 …………………

 
Ketua Tim Penilai  
  4 dan seterusnya

 



 
 






 



 
 






 



 
 






 
   
 






 
NIP :

 
 






 



 
                           














0 comments:

Post a Comment