Pages

Subscribe:

Sunday, August 7, 2016

CONTOH LAPORAN SEMINAR DLL (PENGEMBANGAN DIRI)



LAPORAN BIMBINGAN MUQRI’ YANBU’A

1. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dilaksanakan pada hari ahad tanggal 21 April  2013 bertempat di Pendopo Kecamatan 
Secang Magelang

2. Jenis Kegiatan

Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada pelatihan bimbingan bagi para calon guru baca tulis dan menghafal Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a di bawah asuhan langsung K.H.M. Ulil Albab Arwani Pengasuh P.P Yanbu’a Qur’an Kudus.

3. Tujuan Pengembangan Diri

Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
Meningkatkan kemampuan dalam mempraktekkan kompentensi sebagai guru pembimbing Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a.
4. Uraian Materi

Materi utama yang diberikan dalam pelatihan ini adalah tentang trik-trik lengkap sebagai calon pembimbing Al-Qur’an mulai dari makhorijul khuruf yang sering anak-anak dan para guru salah sampai teknik memberikan materi pertingkat pada pemakaian buku metode yanbu’a dari ( IA, IB, 2, 3, 4, 5 dan pemakaian media-media klasikal dan pengelolaan kelasnya)

5. TindakLanjut

Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah penulis
melakukan refleksi diri sampai sejauh mana pengetahuan tentang kompetensi pembimbing alqur’an serta mengimplementasikannya ektrakulikuler tahfiz dan TPA di Madrasah.

6. Dampak Pengembangan Diri

Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah penulis semakin menyadari bahwa masih dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang banyak saat membimbing siswa dalam kegiatan pendalaman Al-Qur’an, dan perlunya penulisan secara terinci perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi perrtahun ajarannya agar ada hasil tertulis yang terlihat dari kemampuan peserta didik.










LAPORAN KULIAH UMUM DAN KULIAH KETAMANSISWAAN

1. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 14 September 2013 bertempat di Ruang Nyi Hajar Dewantara

2. Jenis Kegiatan

Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada kuliah umum yang diwajibkan bagi semua mahasiswa baru S2 UST semua jurusan tentang pengenalan dasar perkuliahan oleh bapak rektor dan pengenalan sejaran kampus UST oleh ketua yayasan tamansiswa.

Peserta kuliah ketamansiswaan disampaikan oleh Prof. Dr. Ki. Supriyoko, SDU M.Pd  tentang semua pemikiran KI Hajar Dewantoro.

3. Tujuan Pengembangan Diri

Tujuan dari pengembangan diri ini adalah pengenalan secara umum tentang pelayanan di Kampus Taman siswa dan pemikiran pendiri taman siswa.

4. Uraian Materi

Materi utama yang diberikan dalam pelatihan ini adalah bapak rector sangat memberikan pelayanan  prima kepada mahasiswa Pasca Sarjana  UST dengan mempersilahkan menghubungi lewat media apapun seperti No Hp beliau bila ada dosen yang sulit dihubungi dll.

Ki Hadjar Dewantara (KHD) pendiri perguruan taman siswa pada tanggal 3 juli 1922 dan merupakan tokoj pendidikan nasional Indonesia yang telah diakui sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Salah satu pemikiran beliau yang dipakai dalah semboyan Tut Wuri Handayani.

5. TindakLanjut

Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah penulis
melakukan refleksi diri sampai sejauh mana pengetahuan tentang pemikiran KHD dapat penulis aplikasikan dalam pembelajaran dan semua kegiatan di Madrasah.

6. Dampak Pengembangan Diri

Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah penulis semakin menyadari bahwa pentingnya menempuh pendidikan S2 dan S3 agar mindset pemikiran dapat berkembang sesuai perkembangan zaman di era globalisasi.






LAPORAN KEGIATAN WORKSHOP KURIKULUM 2013
MGMP SBK Jenjang MTs se - DIY

1. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 16 - 19 Juni 2014 bertempat di MTsN Yogyakarta II.

2. Jenis Kegiatan

Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta aktif dalam kegiatan workshop Kurikulum 2013.

3. Tujuan Pengembangan Diri

Tujuan dari pengembangan diri ini adalah difasilitasi oleh pembicara di dampingi diarahkan dll serta utamanya bekerja kelompok menganalisa materi-materi dasar dari proses pelaksanaan awal kurikulum 2013 dan diedit sesuai pada kenyataan lapangan agar dapat siap di aplikasikan pada kbm.

4. Uraian Materi

Materi utama yang di bahas adalah :
a.       Pendidikan  SBK di MTs         2 JP
b.      Kurikulum 2013                       7 JP
c.       Silabus                                      9 JP
d.      RPP                                          9 JP
e.       Buku Teks                                9 JP

5. TindakLanjut

Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah penulis mendapatkan CD hasil pembahasan semua kelompok tentang Silabus, RPP dan Bukus Teks mata pelajaran Prakarya bidang kerajinan, pengolahan, rekayasa dan budidaya.

6. Dampak Pengembangan Diri

Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah penulis semakin paham terhadap apa yang harus dipersiapkan dalam proses awal pelaksanaan kurikulum 2013 sebelum pembelajaran di kelas dimulai.






LAPORAN KEGIATAN WORKSHOP PENDAMPINGAN KURIKULUM 2013

1. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 23 - 26 juli  dan 11 – 17 oktober 2015 bertempat di MTsN Donomulyo.

2. Jenis Kegiatan

Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta aktif dalam kegiatan workshop Kurikulum 2013.

3. Tujuan Pengembangan Diri

Tujuan dari pengembangan diri ini adalah pengenalan secara umum proses pendampingan pelaksanaan kurikulum 2013 yang difaslitasi oleh madrasah.

4. Uraian Materi

Materi utama yang di bahas pada tahap 1 adalah :
a.       Perubahan Mindset dan Rasionalisasi Kurikulum 2013           2 JP
b.      Simulasi Pembelajaran Berbasis Saintifik                                4 JP
c.       Simulasi Penilaian Autentik                                                     4 JP
d.      Analisa Buku Guru dan Buku Siswa                                       4 JP
e.       Menyusun Dokumen Kurikulum Madrasah                             5 JP
f.       Penyusunan RPP                                                                      7 JP
g.      Analisa SKL, KI, dan KD                                                       2 JP
h.      Membuat Media Pembelajaran                                     6 JP
i.        Kebijakan Implementasi Kurikulum 2013                               2 JP
j.        Peer Teaching                                                                           4 JP

Materi utama yang di bahas pada tahap 2 adalah :
a.       Pendampingan Penyusunan Dokumen Kurikulum madrasah 2 JP
b.      Pendampingan Penyusunan RPP dan Bahan Ajar                  2 JP
c.       Supervisi Mengajar oleh Pengawas                                          6 JP


5. TindakLanjut

Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah penulis mempunyai pemahaman baru tentang implementasi kurikulum 2013 dan proses persiapan mengajar bisa segera di siapkan.

6. Dampak Pengembangan Diri

Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah penulis semakin paham terhadap apa yang harus dipersiapkan dalam proses awal pelaksanaan kurikulum 2013 sebelum pembelajaran di kelas dimulai.

LAPORAN SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN
1. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 14 mei 2016 bertempat di Gedung Universitasy Club (UC) UGM Yogyakarta.

2. Jenis Kegiatan

Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Revolusi Mental Pendidikan : Konsepsi Tokoh-Tokoh Pendidikan Indonesia yang Mendunia.

3. Tujuan Pengembangan Diri

Tujuan dari pengembangan diri ini adalah :
a.         Menghimpun gagasan tentang bentuk serta strategi dalam revolusi mental melalui pendidikan yang berbudaya bangsa.
b.         Mengkontruksi gagasan baru dalam pendidikan berbudaya di Indonesia.
c.         Memperkaya wawasan tentang pendidikan berbudaya bangsa dalam masyarakat Indonesia pada pemikiran tokoh pendidikan Indonesia
d.        Mengumpulkan gagasan akan peran keberadaan tokoh pendidikan nasional sebagai bentuk pembangunan berbudaya bangsa.
e.         Mengemas gagasan paradigm baru dalam pendidikan berbudaya bangsa Indonesia.

4. Uraian Materi

Moderator oleh bapak Dr. Zuly Qodir, Pemateri  ada tiga yang pertama semula akan diisi oleh Bapak Menteri Pendidikan Nasional Dr. H. Anies Baswedan, Ph.D, tidak bisa hadir karena ada sidang kabinet  kemaren dan dilanjutkan hari ini  dengan bapak presiden akhirnya beliau hanya menyampaikan pesan singkat melalui rekaman video dan materi di isi dan dijelaskan panjang lebar oleh staf khusus kementerian pendidikan dan kebudayaan Bapak Abdurrahman Makmun (email : rohmanmakmun1@yahoo.com)
a.       Nawacita pemerintah bidang pendidikan
b.      Tiga keterampilan abad 21 yang dibutuhkan setiap siswam: Kualitas karakter, Literasi dasar dan kompetensi
Materi kedua seharusnya diisi oleh Prof. Suyanto, MM, beliau juga berhalangan hadir karena sedang berada di kota Paris Prancis mendampingi presentasi karya film animasi karya mahasiswa Amikon dalam lomba dunia yang berjudul “Jugle of Surabaya” tapi beliau melakukan streaming langsung dari kota paris prancis dalam menyampaikan salam pamitnya. Materi diulas luas oleh bapak Dr. Muhammad Idris Purwanto, MM. Beliau menjelaskan sejaran perjuangan kampus AMIKOM yang bermula dari sebuah dream, dan perlunya kepercayaan diri yang tinggi agar mampu bersaing diera globalisasi dan tidak perlu mencemaskan rendahnya angka SDM di mata dunia disbanding Negara tetangga karena begitu besarnya Indonesia.
Materi ketiga oleh Prof. Dr. Ki Supriyoko, M.Pd tentang pemikiran Ki Hajar Dewantoro dan Implementasinya. Pemikiran tentang menang tanpo ngasorake sama dengan win win solusion. Tri sentra pendidikan yaitu keluarga, perguruan dan pergerakan maksudnya keberhasilan pendidikan sangat bergantung pada tiga dasar pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. 

5. TindakLanjut

Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah penulis mempunyai pemahaman baru tentang nawacita pendidikan, dan hal-hal baru untuk mempersiapkan mental kompetensi siswa di era globalisasai.

6. Dampak Pengembangan Diri

Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah penulis semakin paham harus semakin sering belajar dan mengikuti perkembangan IT dan informasi terkini tentang perkembangan ilmu pengetahuan dunia agar mampu memberikan gambaran nyata kepada peserta didik dalam mempersiapkan mentalnya di era yang akan datang agar peserta didik dapat survive dan siap berkompetisi secara global.























LAPORAN SEMINAR NASIONAL

1. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 16 Mei 2015 bertempat di Gedung Kaca Pemkab Kulon Progo DIY 

2. Jenis Kegiatan

Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada seminar nasional dengan tema peningkatan mutu pendidikan dan profesionalisme guru pasca sertifikasi menuju pendidikan berkarakter, berbudaya, berkeadilan dan bermartabat.

3. Tujuan Pengembangan Diri

Tujuan dari pengembangan diri ini adalah mengetahui sejauh mana proses peningkatan mutu setelah berlakunya sertifikasi guru pada satuan pendidikan, atau khususnya pelayanan pendidikan secara umum se-kabupaten Kulon Progo

4. Uraian Materi

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini adalah gambaran umum dari bapak bupati Kulon Progo Bapak dr Hasto Wardoyo, tentang fokus utama dari perhatian pemerintah kabupaten kuloj progo pada pelayanan pendidikan khususnya pada proses pengesahan perpu tentang pendidikan karakter tertentu yang harus dimiliki semua sekolah dasar se-Kabupaten Kulon Progo dan mulai akan dibahasnya pelaksanaan peraturan di DPRD tentang keharusan berkemampuan baca tulis Al-Qur’an untuk pelajar muslim.
Pembicara kedua adalah Prof. Dr. Ki Supriyoko, M.Pd tentang pendidikan karakter yang sejak zaman Ki hajar Dewantoro ada sudah sangat ditekankan pada proses pendidikan. Khususnya pemikiran tentang ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani

5. TindakLanjut

Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah penulis
melakukan refleksi diri sampai sejauh mana pengetahuan tentang pemikiran KHD dapat penulis aplikasikan dalam pembelajaran dan semua kegiatan di Madrasah.

6. Dampak Pengembangan Diri

Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah penulis semakin menyadari bahwa pentingnya menjadi suritauladan sebagai guru dalam kehidupan sehari-hari agar peserta dapat melihat ujud nyata sebuah pendidikan pada sosok seorang guru.




0 comments:

Post a Comment