ANALISA
RANGKUMAN
HASIL PENGKATEGORIAN PADA MASING-MASING STANDAR
NO
|
NAMA
STANDAR
|
HASIL
KATEGORI
|
1
|
STANDAR
ISI
|
CUKUP
|
2
|
STANDAR
PROSES PEMBELAJARAN
|
BAIK
|
3
|
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
|
KURANG
|
4
|
STANDAR
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
|
CUKUP
|
5
|
STANDAR
SARANA DAN PRASARANA
|
BAIK
|
6
|
STANDAR
PENGELOLAAN
|
KURANG
|
7
|
STANDAR
PEMBIAYAAN
|
CUKUP
|
8
|
STANDAR
PENILAIAN
|
BAIK
|
9
|
SEMUA
STANDAR
|
CUKUP
|
SOAL
DAN JAWABAN SOAL UAS NO 2
2. Buatlah potret suatu sekolah dengan
instrumen 8 standar nasional pendidikan,berdasarkan data yang diperoleh beri
analisis :
a.
Berapa kesenjangan antara standar mutu
yang dikehendaki dengan yang telah tercapai ?
b.
Bila terjadi kesenjangan beri analisis
apa sebabnya ?
c.
Berdasarkan analisis sebab-sebab
terjadinya kesenjangan beri juga analisis perbaikan apa yang harus dilakukan
agar kesenjangan mutu tidak terlalu tinggi ?
Jawaban
:
a.
Dari seluruh data yang disampaikan
diatas maka kesenjangan antara standar mutu yang dikehendaki dengan yang telah
tercapai sebesar 67,11 %.
b.
Saya selaku anggota keluarga besar tempat data diambil maka persepsi saya
sebab terjadinya kesenjangan tersebut
adalah sangat multi dimensi, salah satunya karena kita masing-masing
anggota sistem tidak tahu tugas dan tanggung jawab dan belum adanya sebuah
sistem pengelolaan yang baik dalam proses pengevaluasiannya.
c.
Menurut saya usaha perbaikan yang paling
utama adalah revolusi total organisasi. Atau rekomendasi kemungkinan yang
paling mendasar bisa dilakukan antara lain adalah :
1) Perlunya
pimpinan yang berani sebagai agen perubahan.
2) Perlunya
perencanaan yang matang pada awal pelaksaanaan program sedetail mungkin
(seperti gambar dan 1,2,3 dan 4)
3) Perlu
pengoptimalan kelompok kerja rencana pengembangan sekolah (seperti gambar 5)
0 comments:
Post a Comment