Pages

Subscribe:

Tuesday, August 18, 2015

HASILPENELITIAN SEDERHANA PADA 8 SNP

ANALISA

RANGKUMAN HASIL PENGKATEGORIAN PADA MASING-MASING STANDAR

NO
NAMA STANDAR
HASIL KATEGORI
1
STANDAR ISI
CUKUP
2
STANDAR PROSES PEMBELAJARAN
BAIK
3
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
KURANG
4
STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA  KEPENDIDIKAN
CUKUP
5
STANDAR SARANA DAN PRASARANA
BAIK
6
STANDAR PENGELOLAAN
KURANG
7
STANDAR PEMBIAYAAN
CUKUP
8
STANDAR PENILAIAN
BAIK
9
SEMUA STANDAR
CUKUP



SOAL DAN JAWABAN SOAL UAS NO 2
2.       Buatlah potret suatu sekolah dengan instrumen 8 standar nasional pendidikan,berdasarkan data yang diperoleh beri analisis :
a.              Berapa kesenjangan antara standar mutu yang dikehendaki dengan yang telah tercapai ?
b.             Bila terjadi kesenjangan beri analisis apa sebabnya ?
c.              Berdasarkan analisis sebab-sebab terjadinya kesenjangan beri juga analisis perbaikan apa yang harus dilakukan agar kesenjangan mutu tidak terlalu tinggi ?
Jawaban :
a.              Dari seluruh data yang disampaikan diatas maka kesenjangan antara standar mutu yang dikehendaki dengan yang telah tercapai sebesar 67,11 %.
b.             Saya selaku anggota keluarga  besar tempat data diambil maka persepsi saya sebab terjadinya kesenjangan tersebut  adalah sangat multi dimensi, salah satunya karena kita masing-masing anggota sistem tidak tahu tugas dan tanggung jawab dan belum adanya sebuah sistem pengelolaan yang baik dalam proses pengevaluasiannya.
c.              Menurut saya usaha perbaikan yang paling utama adalah revolusi total organisasi. Atau rekomendasi kemungkinan yang paling mendasar bisa dilakukan antara lain adalah :
1)      Perlunya pimpinan yang berani sebagai agen perubahan.
2)      Perlunya perencanaan yang matang pada awal pelaksaanaan program sedetail mungkin (seperti gambar dan 1,2,3 dan 4)

3)      Perlu pengoptimalan kelompok kerja rencana pengembangan sekolah (seperti gambar 5)

0 comments:

Post a Comment