Pages

Subscribe:

Tuesday, April 26, 2016

Pelayanan Prima Kls X TB



LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SMK NURUL HAROMAIN SENTOLO
UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL
TAHUN AJARAN 2011/2012


Mata Pelajaran            : Dasar Kompetensi Kejuruan             Hari/Tanggal : Kamis, 8 Desember 2011
                                      ( Pelayanan Prima )
Kelas                           : X TATA BUSANA BUTIK                        Waktu/Jam    : 10.00 – 11.30 WIB
___________________________________________________________________________________
A.      Pilihlah jawaban yang paling tepat !
1.        Apabila ada pelanggan yang komplain karena sikap kitadalam melayani, maka yang harus dilakukan pertama kali adalah...
a.    Meminta maaf
b.    Melapor pada atasan
c.    Mendengarkan dengan sabar
d.   Mengganti kerugian

2.        Untuk mengatasi kekecewaan pada pelanggan sebaiknya menghindari ...
a.  Pelayanan yang cepat dan memuaskan
b.  Memberikan informasi yang berlebihan
c.  Menampilkan ekpresi wajah yang menyenangkan
d. Selalu menyempatkan diri untuk mengucapkan “selamat datang”.

3.        Kemampuan berkomunikasi dengan baik akan mempengaruhi...
a.    Penampilan diri seseorang
b.    Gaya hidup seseorang
c.    Rasa percaya diri seseorang
d.   Sikap diri seseorang

4.        Salah satu upaya komunikasi dengan pelanggan menjadi lebih efektif adalah...
a.    Ramah dan mendengarkan gaya pelanggan berbicara
b.    Bersikap manis dan banyak cerita
c.    Bersikap ramah, sopan dan tulus dalam melayani
d.   Percaya diri dan memberikan saran kepada pelanggan

5.        Berbagai macam tipe pelanggan, berbagai macam pula tipe menghadapinya. Berikut ini karakter umum pelanggan pria, kecuali ...
a.    Bertele-tele dalam mencari barang yang diinginkan
b.    Mudah terpengaruhi oleh penjelasan dan argumentasi yang obyektif
c.    Jeli memilih barang yang berkualitas
d.   Sering tertipu karena kurang sabar memilih

6.        Menangani keluhan pelanggan lebih dini adalah sikap bijaksanadan tepat. Beberapa kiat menangani kekecewaan pelanggan adalah...
a.    Memberikan janji-janji atau hadiah
b.    Menyarankan untuk menghadap supervisor
c.    Mendengarkan keluhan pelanggan dengan penuh perhatian
d.   Memberikan informasi yang berlebihan

7.        Salah satu keinginan dan kebutuhan pelanggan adalah mendapatkan informasi yang benar dan jelas, diantaranyaadalah...
a.  Pilih kasih dalam memberi layanan
b.  Layani sendiri meskipun tidak menguasai
c.  Menerima informasi yang akurat tentang kualitas produk yang ada
d. Memotong pembicaraan pelanggan

8.        Kekecewaan pelanggan secara signifikan dapat berakibat buruk pada penurunan penjualan. Berikut dibawah ini adalah upaya yang dapat dilakukan untk mengatasi keadaan tersebut, kecuali...
a.  Menawarkan janji - janji dan hadiah
b.  Mendengarkan keluhan pelanggan dengan penuh perhatian
c.  Menawarkan penyelesaian
d. Menunjukkan sikap simpatik serta ikut merasakan kesulitanyang menimpa pelanggan
9.        Dalam berkomunikasi atau memberi informasi kepada pelanggan, sikap yang sangat dibutuhkan oleh setiap pelanggan adalah...
a.    Berpenampilan menarik
b.    Bersikap, ramah, sopan dan hormat
c.    Bersikap memuji
d.   Bersikap tenang

10.     Etika yang kurang tepat dalam berkomunikasi lewat telepon ketika menerima telepon adalah..
a.  Jangan biarkan telepon berdering terlalu lama
b.  Mengatakan halo
c.  Mengulangi pesan dengan mengecek kebenarannya
d. Bertutur kata sopan
.
11.    Hal yang harus kita lakukan apabila menghadapi keluhan pelanggan yang mengeluh dan ragu-ragu terhadap kita adalah
a.  Memberikan rasa simpatik
b.  Sabar dalam memberikan informasi
c.  Banyak memberikan janji
d. Membiarkan saja untuk mengerti sendiri

12.    Berbagai macam tipe pelanggan, berbagai macam pula tipe menghadapinya. Berikut ini karakter umum pelanggan wanita, kecuali ...
a.  Mudah meminta pandangan dan pendapat orang lain.
b.  Menyukai hal-hal yang bersifat romantis.
c.  Tidak bertele-tele dalam mencari barang yang diinginkan
d. Kurang menyukai hal-hal yang bersifat teknik.

13.     Berikut ini adalah karakter umum pelanggan remaja, kecuali  ...
a.  Mudah terpengaruh bujukan penjual
b.  Bersikap sangat hemat.
c.  Mudah terpengaruh tayangan iklan yang menarik.
d.  Seleranya sangat modis dalam memilih barang.

14.     Berikut salah satu karakter umum pelanggan lanjut usia kecuali ...
a.  Sulit menyatakan pendapat dengan jelas.
b.  Tidak bisa mengikuti perkembangan zaman.
c.   Sangat sulit terpengaruh bujuk rayu petugas.
d. Sudah mantap dalam memilih barang yang diinginkan.

15.    Salah satu komponen dari proses komunikasi adalah...
a.  Komunikasi
b.  Suara
c.  Telepon
d. Media

16.    Tiga sikap awal yang  menunjukan sikap bersahabat ketika melayani pelanggan dalam konsep pelayanan prima  adalah
a.  Attitude, Attension dan Action
b.  Attending, attitude, dan Clarifying
c.  Observing, listening dan Action
d. Greting, Welcome dan Help

17.    Sikap dasar manusia yang dipandang berhasil dalam proses komunkasi bila telah memenuhi syarat sebagai berikut antara lain ..
a.  Attitude, Attension dan Action
b.  Attending, attitude, dan Clarifying
c.  Observing, listening dan Action
d. Greting, Welcome dan Help

18.    Menurut Edwar T.Hall komunikasi adalah .... dan sebaliknya.
a.    Bahasa
b.    Budaya
c.    Pergaulan
d.    Sosial

19.    Salah satu karakter pelanggan dari Jerman adalah  ...
a.         Suka humor
b.        Individualistik
c.         Berprinsip waktu adalah uang
d.        Tidak suka terburu-buru

20.    Salah satu karakter pelanggan dari amerika adalah...
a.         Suka dihormati
b.        Tertutup
c.         Waktu adalah uang
d.        Monokronik

B.       Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas !
1.      Sebutkan lima hal yang mempengaruhi karakter manusia?  
2.      Jelaskan pengertian dan tujuan utama pelayanan prima ?
3.      Jelaskan bagaimana cara mengatasi kesalah pahaman antarbudaya ?
4.      Sebutkan tiga karakter tim yang dinamis ?
5.      Jelaskan karakter dari pelanggan anak-anak dan pemdiam ?





0 comments:

Post a Comment