Pages

Subscribe:

Tuesday, September 29, 2015

Hasil Musyawaroh TIm SKL MTs N Donomulyo yang belum fix

HASIL MUSYAWARAH
TIM
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN


Oleh :
Bekti Pratiwi
Kustiningsih, S.Pd
Rini Dwi Hastuti, S.Pd.T


MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DONOMULYO NANGGULAN
KULON PROGO
DIY

HALAMAN PENGESAHAN


Tim penyusun

Ketua              Bekti Pratiwi                           (                      )  Tanggal

Sekertaris        Rini Dwi Hastuti, S.Pd.T        (                       ) Tanggal

Anggota          Kustiningsih, S.Pd                  (                       ) Tanggal

Pembimbing Drs. Kurdiyanto                         (                       ) Tanggal

Disahkan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Donomulyo
Pada tanggal             


Mengesahkan
Kepala Madrasah


Dra. Siti Muslimah,M.Pd.
NIP 196711181993032002





KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.,
            Segala puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT, karena atas berkat, rahmat dan hidayahNya, kami tim penyusun dapat menyelesaikan laporan hasil musyawarah Tim Pengembang Standar Kompetensi Lulusan MTs Negeri Donomulyo, sebagai konsekuensi dari tugas kerja pada SK No 022 Tanggal 10 Februari 2015 Tentang Tim Pengembangan dan Peningkatan Mutu Madrasah. Kami tim pennyusun mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Ibu Dra. Siti Muslimah, M. Pd. selaku Kepala MTs Negeri Donomulyo, Nanggulan, Kulon Progo, DIY
2.      Bapak Teguh Suryono, S.Pd selaku wakil kepala bagian Kurikulum
3.      Bapak Drs.Kurdiyanto selaku pembimbing dan ketua Tim Pengembang.
4.      Semua pihak yang telah membantu.
Atas bantuan dan saran  bapak / ibu teman-teman semua guru dan karyawan MTs Negeri Donomulyo maka laporan ini bisa sempat tertulis dengan lancar tanpa suatu hambatan yang berarti.
            Tim penyusun sangat menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih terdapat kekurangan. Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat tim penyusun harapkan agar dapat dijadikan perbaikan dalam penyusunan laporan-laporan lain selanjutnya.
            Semoga laporan sederhana ini bermanfaat bagi Pengembangan Standar Kompetensi Lulusan di Madrasah Tsanawiyah Negeri  Donomulyo khususnya, dan pemantapan persiapan Akreditasi Madarasah yang insya alloh akan kita hadapi pada tahun 2017 mendatang. Serta  para pembaca umumnya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Donomulyo, 29 September 2015
                   Tim Penyusun



DAFTAR ISI

Halaman

Halaman Judul........................................................................................................... i
Halaman Pengesahan................................................................................................ ii
Kata Pengantar......................................................................................................... iii
Daftar isi................................................................................................................... iv
Daftar Lampiran ...................................................................................................... v
PENDAHULUAN .................................................................................................. 1
PEMBAHASAN...................................................................................................... 2
PENUTUP................................................................................................................ 5
Daftar Pustaka.......................................................................................................... 6
Lampiran................................................................................................................... 7






DAFTAR LAMPIRAN

Halaman

Lampiran 1
Print out hasil EDM MTsN Donomulyo Standar Kompetensi Lulusan hal 15-16... 7
Lampiran 2
Lembar asli kertas tugas dari tim pengembang kurikulum MTs N Donomulyo....... 9
Lampiran 3
Instrumen akreditasi SMP-MTs 2014 Khusus SKL hal 11-20................................ …
Lampiran 4
Petunjuk teknis pengisian instrument akreditasi SMP-MTs  Khusus SKL hal 10-12
Lampiran 5
Instrumen Studi Trend Kualitas Pendidikan SMP-MTs Khusus SKL......................
Lampiran 6
Program OSIS MTs N Donomulyo TP 2014/2015....................................................
Lampiran 7
SK Tim Pengembangan dan Peningkatan Mutu Madrasah No. 022 Tahun 2015.....












PENDAHULUAN




















PEMBAHASAN
HASIL MUSYAWARAH TIM STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Hal –hal yang perlu diadakan agar proses pemenuhan standar kompetensi lulusan bias optimal antara lain :
1.      Perlu diadakan rapat penentuan KKM melibatkan komite
2.      Pengadaan lomba classmeteng 1 tahun 2x ( Setelah UAS 1 dan UAS 2) Bekerja sama dengan kesiswaan
3.      Pengaktifan MGMP sekolah kelompok mata pelajaran IPTEK antara lain terdiri dari mata pelajaran :
a.       Bahasa Indonesia
b.      Bahasa Inggris
c.       Matematika
d.      IPS
e.       IPA
f.       TIK
4.      Pengaktifan MGMP sekolah kelompok mata pelajaran KEWARGANEGARAAN, KEPRIBADIAN, AGAMA DAN BIMBINGAN KONSELING antara lain terdiri dari mata pelajaran :
a.       Qur’an Hadis
b.      Aqidah Akhlak
c.       Bahasa Arab
d.      SKI
e.       TPA dan Tahfizh
5.      Pengaktifan MGMP sekolah kelompok mata pelajaran ESTETIKA antara lain terdiri dari mata pelajaran :
a.       Olah raga
b.      Seni Budaya
c.       Bahasa Jawa
d.      Prakarya & Ketrampilan

6.      Pengaktifan kegiatan – kegiatan dibawah ini :
a.       Ektrakulikuler
b.      OSIS
c.       PMR
d.      Pramuka
e.       Beladiri
f.       LKD
g.      Dll
Semua kegiatan dibuktikan dengan laporan kegiatan siswa baik individu (persiswa) atau kelompok dan harus diikuti oleh 76 – 100 % jumlah siswa, dengan alokasi waktu untuk kegiatan besar setahun minimal 4  kegiatan.
Sangat diperlukan sosialisasi kepada semua guru mata pelajaran bahwa dalam setahun (dua semester) diperlukan kekompakan untuk menugaskan kepada siswa dengan bentuk tugas portofolio siswa atau kelompok ( laporan yang berstruktur karya ilmiah: Judul, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, pembahasan, penutup, daftar pustaka, biodata penulis/anggota kelompok dll ) dijilid rapi dan disimpan diperpustakaan  minimal satu tahun 4 x permata pelajaran ( periode sampai UTS gasal 1 x, periode sampai UAS 1 1 x, periode sampai UTS genap 1 x, periode sampai UAS 2 1x ). Pada halaman judul dilengkapi identitas mata pelajaran dan tahun pelajaran ( dihalaman kata pengantar nama guru mata pelajaran juga harus disebutkan ).

7.      Sekolah mengadakan kegiatan agar siswa memperoleh pengalaman belajar yang dapat menganalisis gejala alam dan social, dengan bentuk laporan sbb:
a.       Kumpulan hasil diskusi siswa
b.      Kumpulan anotasi/kliping
c.       Laporan hasil analisis pengamatan gejala /fenomena yang sedang terjadi
d.      Laporan analisis data-data dokumentasi gejala /fenomena yang sedang terjadi
Minimal setahun 4 kegiatan ( periode sampai UTS gasal 1 x, periode sampai UAS 1 1 x, periode sampai UTS genap 1 x, periode sampai UAS 2 1x ) dengan keterlibatan siswa 76 – 100% (VII, VIII dan IX )
8.      Sekolah mengadakan kegiatan pembiasaan ( rutin dengan frekuensi tinggi ) bagi siswa untuk memperoleh pengalaman belajar dengan cara mencari informasi/pengetahuan lebih lanjut dari berbagai sumber belajar.
a.       Kunjungan perpustakaan
b.      Kliping
c.       Pengadaan kelompok belajar
d.      Laporan-laporan karya ilmiah dari internet dll
Minimal setahun 25 kegiatan, dibagi permata pelajaran ( ada 15 mapel kur KTSP, 14 mapel kur 13) dalam setahun permata pelajaran  membuat 2 laporan, jadi semester gasal satu, semester genap satu dengan keterlibatan siswa 76 – 100% (VII, VIII dan IX )
9.       Sekolah mengadakan kegiatan agar siswa memperoleh pengalaman belajar yang mampu memanfaatkan lingkungan ( outdoor learning) secara produktif dan bertanggung jawab. Seperti kegiatan :
a.       Berkemah
b.      Karya wisata
c.       Kunjungan ke museum
d.      Belajar diluar kelas
e.       Daur ulang sampah
f.       Kunjungan laboratorium alam
g.      Outbond
h.      Penanaman pohon langka dll
Minimal setahun 4 kegiatan ( periode sampai UTS gasal 1 x, periode sampai UAS 1 1 x, periode sampai UTS genap 1 x, periode sampai UAS 2 1x ) dengan keterlibatan siswa 76 – 100% (VII, VIII dan IX )
10.  Sekolah mengikuti lomba 7k / wiyata mandala (lingkungan)
11.  Sekolah mengadakan kegiatan agar siswa memperoleh pengalaman mengekspresikan unjuk kerja apresiasi/refleksi diri melalui kegiatan seni dan budaya,seperti:
a.       Mengunjungi pameran lukisan
b.      Mengunjungi konser musik
c.       Mengunjungi pagelaran tari
d.      Mengunjungi pentas drama
e.       dll
Minimal setahun 4 kegiatan ( periode sampai UTS gasal 1 x, periode sampai UAS 1 1 x, periode sampai UTS genap 1 x, periode sampai UAS 2 1x ) dengan keterlibatan siswa 76 – 100% (VII, VIII dan IX )

12.  Sekolah mengikuti lomba seni



PENUTUP

1 comments: