HASIL
MUSYAWARAH
TIM
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
Oleh :
Bekti Pratiwi
Kustiningsih, S.Pd
Rini Dwi Hastuti, S.Pd.T
MADRASAH
TSANAWIYAH NEGERI DONOMULYO NANGGULAN
KULON
PROGO
DIY
HALAMAN
PENGESAHAN
Tim penyusun
Ketua Bekti
Pratiwi ( )
Tanggal
Sekertaris Rini Dwi Hastuti, S.Pd.T ( ) Tanggal
Anggota Kustiningsih,
S.Pd ( ) Tanggal
Pembimbing Drs. Kurdiyanto ( ) Tanggal
Disahkan Di Madrasah Tsanawiyah
Negeri Donomulyo
Pada
tanggal
Mengesahkan
Kepala Madrasah
Dra. Siti Muslimah,M.Pd.
NIP 196711181993032002
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.,
Segala puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT, karena
atas berkat, rahmat dan hidayahNya, kami tim penyusun dapat menyelesaikan
laporan hasil musyawarah Tim Pengembang Standar Kompetensi Lulusan MTs Negeri
Donomulyo, sebagai konsekuensi dari tugas kerja pada SK No 022 Tanggal 10
Februari 2015 Tentang Tim Pengembangan dan Peningkatan Mutu Madrasah. Kami tim
pennyusun mengucapkan terima kasih kepada:
1.
Ibu Dra. Siti Muslimah, M. Pd. selaku
Kepala MTs Negeri Donomulyo, Nanggulan, Kulon Progo, DIY
2.
Bapak Teguh Suryono, S.Pd selaku wakil
kepala bagian Kurikulum
3.
Bapak Drs.Kurdiyanto selaku pembimbing
dan ketua Tim Pengembang.
4.
Semua pihak yang telah membantu.
Atas bantuan dan saran bapak / ibu teman-teman semua guru dan
karyawan MTs Negeri Donomulyo maka laporan ini bisa sempat tertulis dengan
lancar tanpa suatu hambatan yang berarti.
Tim penyusun sangat menyadari bahwa dalam penyusunan
laporan ini masih terdapat kekurangan. Untuk itu kritik dan saran yang
membangun sangat tim penyusun harapkan agar dapat dijadikan perbaikan dalam
penyusunan laporan-laporan lain selanjutnya.
Semoga laporan sederhana ini bermanfaat bagi Pengembangan
Standar Kompetensi Lulusan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Donomulyo khususnya, dan pemantapan persiapan
Akreditasi Madarasah yang insya alloh akan kita hadapi pada tahun 2017 mendatang.
Serta para pembaca umumnya.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb.
Donomulyo, 29
September 2015
Tim Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman
Judul........................................................................................................... i
Halaman
Pengesahan................................................................................................ ii
Kata
Pengantar......................................................................................................... iii
Daftar
isi................................................................................................................... iv
Daftar
Lampiran ...................................................................................................... v
PENDAHULUAN
.................................................................................................. 1
PEMBAHASAN...................................................................................................... 2
PENUTUP................................................................................................................ 5
Daftar
Pustaka.......................................................................................................... 6
Lampiran................................................................................................................... 7
DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
Lampiran
1
Print
out hasil EDM MTsN Donomulyo Standar Kompetensi Lulusan hal 15-16... 7
Lampiran
2
Lembar
asli kertas tugas dari tim pengembang kurikulum MTs N Donomulyo....... 9
Lampiran
3
Instrumen
akreditasi SMP-MTs 2014 Khusus SKL hal 11-20................................ …
Lampiran
4
Petunjuk
teknis pengisian instrument akreditasi SMP-MTs
Khusus SKL hal 10-12
Lampiran
5
Instrumen
Studi Trend Kualitas Pendidikan SMP-MTs Khusus SKL......................
Lampiran
6
Program
OSIS MTs N Donomulyo TP 2014/2015....................................................
Lampiran
7
SK
Tim Pengembangan dan Peningkatan Mutu Madrasah No. 022 Tahun 2015.....
PENDAHULUAN
PEMBAHASAN
HASIL
MUSYAWARAH TIM STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Hal –hal yang perlu diadakan agar proses pemenuhan
standar kompetensi lulusan bias optimal antara lain :
1. Perlu
diadakan rapat penentuan KKM melibatkan komite
2. Pengadaan
lomba classmeteng 1 tahun 2x ( Setelah UAS 1 dan UAS 2) Bekerja sama dengan
kesiswaan
3. Pengaktifan
MGMP sekolah kelompok mata pelajaran IPTEK antara lain terdiri dari mata
pelajaran :
a. Bahasa
Indonesia
b. Bahasa
Inggris
c. Matematika
d. IPS
e. IPA
f. TIK
4. Pengaktifan
MGMP sekolah kelompok mata pelajaran KEWARGANEGARAAN, KEPRIBADIAN, AGAMA DAN
BIMBINGAN KONSELING antara lain terdiri dari mata pelajaran :
a. Qur’an
Hadis
b. Aqidah
Akhlak
c. Bahasa
Arab
d. SKI
e. TPA
dan Tahfizh
5. Pengaktifan
MGMP sekolah kelompok mata pelajaran ESTETIKA antara lain terdiri dari mata
pelajaran :
a. Olah
raga
b. Seni
Budaya
c. Bahasa
Jawa
d. Prakarya
& Ketrampilan
6. Pengaktifan
kegiatan – kegiatan dibawah ini :
a. Ektrakulikuler
b. OSIS
c. PMR
d. Pramuka
e. Beladiri
f. LKD
g. Dll
Semua kegiatan
dibuktikan dengan laporan kegiatan siswa baik individu (persiswa) atau kelompok
dan harus diikuti oleh 76 – 100 % jumlah siswa, dengan alokasi waktu untuk
kegiatan besar setahun minimal 4
kegiatan.
Sangat diperlukan
sosialisasi kepada semua guru mata pelajaran bahwa dalam setahun (dua semester)
diperlukan kekompakan untuk menugaskan kepada siswa dengan bentuk tugas
portofolio siswa atau kelompok ( laporan yang berstruktur karya ilmiah: Judul,
kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, pembahasan, penutup, daftar pustaka,
biodata penulis/anggota kelompok dll ) dijilid rapi dan disimpan
diperpustakaan minimal satu tahun 4 x
permata pelajaran ( periode sampai UTS gasal 1 x, periode sampai UAS 1 1 x,
periode sampai UTS genap 1 x, periode sampai UAS 2 1x ). Pada halaman judul
dilengkapi identitas mata pelajaran dan tahun pelajaran ( dihalaman kata
pengantar nama guru mata pelajaran juga harus disebutkan ).
7. Sekolah
mengadakan kegiatan agar siswa memperoleh pengalaman belajar yang dapat
menganalisis gejala alam dan social, dengan bentuk laporan sbb:
a. Kumpulan
hasil diskusi siswa
b. Kumpulan
anotasi/kliping
c. Laporan
hasil analisis pengamatan gejala /fenomena yang sedang terjadi
d. Laporan
analisis data-data dokumentasi gejala /fenomena yang sedang terjadi
Minimal
setahun 4 kegiatan ( periode sampai UTS gasal 1 x, periode sampai UAS 1 1 x,
periode sampai UTS genap 1 x, periode sampai UAS 2 1x ) dengan keterlibatan
siswa 76 – 100% (VII, VIII dan IX )
8. Sekolah
mengadakan kegiatan pembiasaan ( rutin dengan frekuensi tinggi ) bagi siswa
untuk memperoleh pengalaman belajar dengan cara mencari informasi/pengetahuan
lebih lanjut dari berbagai sumber belajar.
a. Kunjungan
perpustakaan
b. Kliping
c. Pengadaan
kelompok belajar
d. Laporan-laporan
karya ilmiah dari internet dll
Minimal
setahun 25 kegiatan, dibagi permata pelajaran ( ada 15 mapel kur KTSP, 14 mapel
kur 13) dalam setahun permata pelajaran
membuat 2 laporan, jadi semester gasal satu, semester genap satu dengan
keterlibatan siswa 76 – 100% (VII, VIII dan IX )
9. Sekolah mengadakan kegiatan agar siswa
memperoleh pengalaman belajar yang mampu memanfaatkan lingkungan ( outdoor
learning) secara produktif dan bertanggung jawab. Seperti kegiatan :
a. Berkemah
b. Karya
wisata
c. Kunjungan
ke museum
d. Belajar
diluar kelas
e. Daur
ulang sampah
f. Kunjungan
laboratorium alam
g. Outbond
h. Penanaman
pohon langka dll
Minimal
setahun 4 kegiatan ( periode sampai UTS gasal 1 x, periode sampai UAS 1 1 x,
periode sampai UTS genap 1 x, periode sampai UAS 2 1x ) dengan keterlibatan
siswa 76 – 100% (VII, VIII dan IX )
10. Sekolah
mengikuti lomba 7k / wiyata mandala (lingkungan)
11. Sekolah
mengadakan kegiatan agar siswa memperoleh pengalaman mengekspresikan unjuk
kerja apresiasi/refleksi diri melalui kegiatan seni dan budaya,seperti:
a. Mengunjungi
pameran lukisan
b. Mengunjungi
konser musik
c. Mengunjungi
pagelaran tari
d. Mengunjungi
pentas drama
e. dll
Minimal
setahun 4 kegiatan ( periode sampai UTS gasal 1 x, periode sampai UAS 1 1 x,
periode sampai UTS genap 1 x, periode sampai UAS 2 1x ) dengan keterlibatan
siswa 76 – 100% (VII, VIII dan IX )
12. Sekolah
mengikuti lomba seni
PENUTUP
nnggbb
ReplyDelete